Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban dari Soal "Penelitian sebagai Usaha untuk Menemukan"

Kompas.com - 02/03/2024, 14:23 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Saat mendengar istilah "penelitian", Anda mungkin akan membayangkan sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan di laboratorium.

Namun, belum tentu penelitian dilakukan di laboratorium.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penelitian memiliki arti pemeriksaan yang teliti atau penyelidikan.

Selain itu, penelitian juga berarti kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan obyektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

Baca juga: 3 Perbedaan Laporan Penelitian dan Laporan Kegiatan

Berikut pertanyaan mengenai penelitian:

Pertanyaan

Penelitian merupakan aktivitas dalam menelaah suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah secara terancang dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru dan teruji kebenarannya. Definisi tersebut dikemukakan oleh ...?

A. Sanapiah Faisal
B. Marzuki
C. Sutrisno Hadi
D. Soerjono Soekanto
E. Koentjaraningrat

Baca juga: Bagian-bagian dalam Laporan Penelitian Geografi

Jawab:

Dikutip dari Buku Ajar Teknologi Bank Darah (TBD): Metodologi Penelitian dan Statistik (2019) oleh Windadari Murni Hartini, penelitian merupakan aktivitas dalam menelaah suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah secara terancang dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru dan teruji kebenarannya merupakan definisi peneliti menurut Sutrisno Hadi.

Dari pengertian tersebut menunjukkan bahwa penelitian merupakan suatu proses atau rangkaian yang pada intinya terdiri dari kegiatan-kegiatan pengumpulan (penemuan) data, pengolahan data, analisis data, dan penyajian data penelitian.

Namun, biasanya sebelum penelitian dilakukan peneliti menyusun rencana penelitian (proposal rencana penelitian), dan setelah yang bersangktan menyelesaikan penelitian, dibuatlah laporan penelitian.

Baca juga: 5 Perbedaan Data Primer dan Sekunder dalam Penelitian Ilmiah

Pengertian penelitian menurut ahli

Dilansir dari buku Modul Ringkasan SBMPTN Sosiologi (2018) oleh Eka Fitriani, ada beberapa pengertian atau definisi yang dikemukakan oleh para ahli tentang pengertian penelitian sebagai berikut:

  • Soerjono Soekanto

Penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang dilandaskan pada analisis dan konstruksi.

  • John (1949)

Penelitian merupakan suatu pencarian fakta menurut metode obyektif yang jelas untuk menemukan hubungan antara fakta sehingga menghasilkan dalil dan hukum.

  • Marzuki

Penelitian merupakan usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan yang dilakukan dengan menggunakan metode-metode ilmiah.

  • Sanapiah Faisal

Penelitian merupakan aktivitas dalam menelaah suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah secara terancang.

Itulah penjelasan mengenai pengertian penelitian menurut para ahli.

Baca juga: Mengidentifikasi Masalah Penelitian: Pedoman dan Caranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com