Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud dengan Oktaf?

Kompas.com - 10/01/2024, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Dari segi bahasa, oktaf adalah istilah umum yang sering kita jumpai. Namun, istilah ini erat kaitannya dengan dunia musik.

Apa yang dimaksud dengan oktaf?

Pengertian oktaf

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, oktaf adalah interval yang nadanya lebih tinggi, dan memiliki getaran gelombang suara dua kali lipat dari nada bawahnya.

Oktaf merupakan nama lain dari interval musik yang memiliki delapan nada. Dengan demikian, oktaf menunjukkan adanya pengulangan nada, hanya saja tingkatannya lebih tinggi.

Dilansir dari situs Master Class, satu oktaf adalah interval musik, yang berarti ada jarak antara satu nada dengan nada berikutnya.

Baca juga: Pengertian Aransemen dalam Seni Musik

Peran oktaf atau interval musik sangatlah kentara. Dua nada yang dimainkan dengan jarak satu oktaf membuat iramanya terdengar lebih kaya dan penuh.

Banyak tangga nada musik yang mencakup satu oktaf. Contohnya tangga nada diatonis mayor dan minor, serta musik Barat.

Jadi, apa yang dimaksud dengan oktaf?

Yang dimaksud dengan oktaf adalah jarak atau interval musik yang sebenarnya memperlihatkan pengulangan nada, hanya saja lebih tinggi atau rendah.

Baca juga: Pengertian Musik Internal dan Contohnya

Contoh oktaf

Contoh oktaf yang paling mudah, yakni nada do rendah dan do tinggi, serta nada mi rendah dengan mi tinggi.

Sebenarnya nada tersebut hanyalah pengulangan, namun, terdengar berbeda karena nada do rendah mengisyaratkan nada rendah, dan do tinggi mengisyaratkan nada tinggi.

Dalam situs Study dituliskan bahwa, salah satu contoh oktaf ialah lagu Somewhere Over the Rainbow dalam film The Wizard of Oz (1939).

Ketika penyanyi melafalkan kata “some” dan “where”, kita dapat mendengar adanya oktaf. Lompatan interval satu oktaf ini memberi kesan yang kuat dan indah.

Baca juga: Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Bermain Musik Ansambel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com