Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perbedaan Puisi Lama dan Puisi Baru

Kompas.com - 09/01/2024, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Puisi adalah karya sastra yang di dalamnya memuat ekspresi perasaan penyair dengan susunan bahasa yang indah juga imajinatif.

Ada dua jenis puisi, yakni puisi lama dan puisi baru. Meski sama-sama merupakan karya sastra, puisi lama dan baru memiliki sejumlah perbedaan.

Tahukah kamu, apa perbedaan puisi lama dan puisi baru?

Bedanya puisi lama dan puisi baru

Menurut Atrianing Yessi dalam buku Terampil Membaca dan Menulis Puisi (2022), puisi lama adalah puisi yang mempunyai aturan dan bermakna.

Puisi ini diperkirakan sudah ada sejak zaman dahulu, dan sering digunakan dalam tata upacara adat. Berbeda dengan puisi baru, puisi ini diwariskan secara turun-menurun.

Baca juga: Mengapa Pantun termasuk dalam Puisi Lama?

Dikutip dari buku Pedoman Resmi EYD (2014) oleh Risha Nillas dan Hayatun Nufus, puisi baru adalah puisi yang dipengaruhi oleh gaya Eropa.

Nama lainnya adalah puisi modern. Disebut demikian, karena sebenarnya puisi ini merupakan kebalikan dari puisi lama.

Salah satu perbedaan puisi lama dan puisi baru adalah puisi lama masih terikat dengan aturan. Tidak demikian dengan puisi baru, karena puisi ini sifatnya bebas.

Meski begitu, bukan berarti puisi baru tidak memperhatikan unsur rima dan gaya bahasa atau diksi. Sebab, puisi modern atau baru tetap mempunyai aturan soal rima dan diksi.

Bedanya puisi lama dan puisi baru juga terlihat dari iramanya. Dalam puisi lama, iramanya bersifat tetap. Sedangkan dalam puisi baru, iramanya cenderung dinamis.

Baca juga: Puisi Baru: Pengertian dan Jenisnya

Perbedaan puisi lama dan puisi baru juga bisa dilihat dari penulisnya. Penulis puisi lama bersifat anonim atau tidak diketahui siapa penyairnya.

Sedangkan penyair dan penulis puisi baru diketahui sosoknya. Karena penyair sering mencantumkan nama dirinya dalam bagian puisi.

Dilihat dari persebarannya, puisi lama dan puisi baru juga berbeda. Puisi lama diwariskan turun-temurun, sementara puisi baru disebarkan lewat lisan maupun tulisan.

Terakhir, bedanya puisi lama dan puisi baru terlihat dari isinya. Puisi lama biasanya berisi nasihat, sedangkan puisi baru memuat curahan hati sang penyair.

Kesimpulannya, perbedaan puisi lama dan puisi baru adalah:

  • Puisi lama masih terikat dengan aturan, sedangkan puisi baru tidak
  • Irama puisi lama sifatnya tetap, sementara dalam puisi baru bersifat dinamis
  • Penulis puisi lama anonim, sedangkan puisi baru tidak
  • Puisi lama diwariskan turun-temurun, sementara puisi baru disajikan lewat lisan dan tulisan
  • Isi puisi lama cenderung nasihat, sedangkan puisi baru memuat curahan hati sang penyair.

Baca juga: Puisi Lama: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com