Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Dampak yang Bisa Terjadi Saat dan Setelah Gempa Bumi

Kompas.com - 08/01/2024, 15:30 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Gempa bumi adalah getaran bumi yang terjadi sebagai akibat dari terlepasnya energi yang terkumpul secara tiba-tiba dalam batuan yang mengalami deformasi.

Dilansir dari buku Panduan Keselamatan saat Gempa Bumi (2021) oleh Riza Rismawati, besarnya gelombang gempa beragam. Mulai dari yang sangat kecil sehingga sulit ditasakan hingga guncangan yang dahsyat, sehingga mampu meruntuhkan bangunan.

Baca juga: 8 Tindakan Antisipasi Sebelum dan Saat Terjadi Gempa

Berikut dampak-dampak yang terjadi saat terjadi gempa bumi:

  • Terangkatnya mineral ke permukaan bumi

Dikutip dari Buku Pintar Penanggulangan Gempa Bumi (2021) oleh Utami Pratiwi, gempa bumi dapat mengakibatkan terangkatnya mineral-mineral yang ada di dalam lapisan bumi.

Halini karena proses tektonik yaitu pergerakan lempeng bumi atau pergerakan sesar.

  • Terjadinya tsunami

Gempa bumi yang menjadi penyebab tsunami ini berjenis gempa tektonik yang terjadi karena adanya pergerakan lempeng akibat dari adanya arus konveksi yang terjadi di dalam bumi dan pusat titik gempanya berada di dasar lautan.

Gelombang tsunami yang terjadi dapat merusak dan menenggelamkan apa saja yang ada di pesisir pantai sekitar sumber gempa.

Namun, hal itu tergantung dari besar kecilnya kekuatan gempa dan dekat tidaknya pusat titik sumber gempa dari permukaan.

Baca juga: Pengertian dan Penyebab Terjadinya Gempa Bumi, Apa Saja?

  • Jenis-jenis longsor

Gempa bumi mengakibatkan getaran atau guncangan tanah yang disebabkan adanya gerakan endogen.

Getaran tanah ini membuat tanah dan massa batuan keluar dan akhirnya terjadi penyebab tanah longsor pada lapisan tanah dan batuan yang ada di atasnya.

  • Terjadinya banjir

Air yang terdapat di dalam waduk atau danau keluar dan mengalir dalam jumlah besar sehingga menjadi penyebab banjir ketika gempa terjadi.

Jenis-jenis banjir ini terjadi karena ketika gempa, fungsi danau atau waduk menjadi rusak karena air dalam waduk atau danau mengalir ke berbagai arah atau tumpah kembali dan keluar.

Baca juga: Gempa Bumi Bawah Laut, Faktor Utama Penyebab Tsunami

  • Terjadinya kebakaran

Gempa bumi menimbulkan getaran yang dapat mengakibatkan rusaknya bangunan yang ada.

Kerusakan-kerusakan bangunan tersebut dapat mengakibatkan aliran listrik terputus atau kebocoran pipa dan tabung gas sehingga menyebabkan ledakan.

Aliran listrik yang terputus secara tiba-tiba dan ledakan tabung ataupun pipa gas tersebut dapat menimbulkan kebakaran.

  • Hancurnya bangunan

Bangunan yang ada di atas permukaan bumi atau berada bawah tanah dapat rusak bahkan hancur karena adanya getaran pada lapisan tanah akibat dari terjadinya gempa.

Parahnya kerusakan tergantung dari besar kecilnya kekuatan gempa dan jauh dekatnya sumber titik gempa serta kuat tidaknya konstruksi bangunan yang ada.

Itulah dampak-dampak dari terjadinya gempa bumi.

Baca juga: Upaya yang Dapat Dilakukan untuk Mengurangi Risiko Gempa Bumi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com