Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Manfaat Media Komunikasi Grafis

Kompas.com - 25/12/2023, 10:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kata grafis mengandung dua pengertian. Pertama, graphein dari bahasa Latin yang berarti garis yang kemudian menjadi graphics art atau komunikasi grafis.

Kedua, graphishe vakken dari bahasa Belanda yang berarti pekerjaan cetak yang kemudian di Indonesia menjadi grafika yang berarti percetakan.

Media komunikasi grafis adalah media yang berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian pelajaran, serta mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan apabila hanya dilakukan melalui penjelasan verbal.

Media komunikasi grafis juga berfungsi menyalurkan pesan dari sumber ke penerima. Saluran yang digunakan menyangkut indra penglihatan. Pesan yang akan disampaikan dituang ke dalam simbol-simbol komunikasi visual.

Baca juga: Prinsip-prinsip Desain Grafis

Apa manfaat dari media komunikasi grafis?

Dalam bidang pendidikan, media komunikasi grafis kerap dimanfaatkan oleh tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya.

Selain itu, adapun manfaat media komunikasi grafis sebagai berikut:

Salah satu cara untuk mempermudah pemahaman khalayak ramai ialah dengan menambahkan obyek gambar yang mudah untuk dipahami dan sesuai dengan topik informasi yang akan disampaikan.

Media komunikasi grafis bermanfaat karena lebih mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat.

Informasi yang disebarluaskan juga memakai gambar dan simbol yang mudah dipahami oleh masyarakat sehingga mencegah terjadinya kesalahpahaman dalam penerimaan informasi.

Umumnya, media komunikasi grafis juga diiringi dengan kata-kata keterangan untuk lebih memperjelas apa yang ingin disampaikan serta membuat informasi menjadi lebih detail.

Baca juga: Desain Grafis: Pengertian, Unsur, dan Peralatan

  • Ekonomis

Biaya yang dibutuhkan untuk memperoleh dan membuat media komunikasi grafis tergolong cukup murah dan mudah untuk masyarakat.

  • Mudah didapatkan di daerah mana saja

Surat kabar yang menyajikan media komunikasi grafis cukup mudah untuk ditemukan di mana saja.

Surat kabar online cenderung lebih cepat menyebar dibanding surat kabar cetak. Asalkan mempunyai koneksi ke jaringan internet dan mempunyai perangkat seperti ponsel atau laptop, surat kabar online akan mudah di akses.

Baca juga: Pengertian Seni Grafis beserta Fungsinya

 

Referensi:

  • Susilowati. (2023). Media Komunikasi Grafis. Penerbit NEM.
  • Yuliastanti, A. (2008). Bekerja sebagai Desainer Grafis. Esensi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com