Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Sektor Pelayaran Indonesia

Kompas.com - 21/12/2023, 22:00 WIB
Rahma Atillah,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai negara kepulauan, sebagian besar wilayah Indonesia dikelilingi oleh lautan yang terbentang luas dan kaya akan sumber daya alam.

Salah satu fungsi laut adalah sebagai jalur pelayaran yang menghubungkan satu negara dengan negara lainnya untuk berbagai kepentingan.

Pelayaran adalah satu kesatuan sistem yang terdiri atas angkutan di perairan, kepelabuhanan, keselamatan dan keamanan, serta pelindungan lingkungan maritim.

Berikut keunggulan sektor pelayaran Indonesia saat ini dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya:

  • Memiliki jalur pelayaran yang strategis
  • Makin banyak armada kapal
  • Adanya regulasi dan kebijakan pelayaran yang ketat
  • Penerapan asas cabotage.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Maritim beserta Tujuannya

Memiliki jalur pelayaran yang strategis

Sektor pelayaran merupakan sektor yang krusial dalam berbagai kegiatan ekonomi, sosial, maupun politik di Indonesia.

Kondisi geografis Indonesia yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari laut, membuat Indonesia memiliki keunggulan berdasarkan potensi wilayah yang berasal dari laut.

Hal tersebut tidak terlepas dari letak geografis Indonesia yang berada di posisi silang dunia sehingga menjadi jalur pelayaran internasional.

Posisi geografis Indonesia yang berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik membuat perairan Indonesia menjadi salah satu jalur pelayaran internasional yang penting di pasar global.

Baca juga: Keuntungan Posisi Silang Dunia bagi Indonesia

Makin banyak armada kapal

Kapal laut merupakan sarana yang penting di dalam aktivitas pelayaran. Makin banyak jumlah kapal dari dalam negeri diharapkan dapat meningkatkan perekonomian negara.

Dengan makin banyak jumlah kapal dari dalam negeri yang diproduksi dari dalam negeri sendiri.

Hal tersebut dapat mendorong sektor-sektor yang lain seperti galangan kapal untuk membuat kapal, perdagangan antar pulau, dan penyerapan tenaga kerja sebagai anak buah kapal (ABK).

Adanya regulasi dan kebijakan pelayaran yang ketat

lndonesia dikenal sebagai negara maritim yang menjunjung tinggi regulasi pelayaran nasional maupun internasional.

Adanya kebijakan dan peraturan yang ketat mengenai pelayaran di wilayah perairan Indonesia bertujuan untuk mengatur serta menjamin keamanan dan stabilitas kekuasaan negara.

Melalui penerapan regulasi serta kebijakan, maka seluruh kegiatan pelayaran dapat teratur dan meminimalisasi terjadinya ancaman atau gangguan.

Baca juga: Mengenal Jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia

Penerapan asas cabotage

Asas cabotage adalah hak ntuk melakukan pengangkutan penumpang, barang, dan pos secara komersial dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain di dalam wilayah kedaulatan Republik Indonesia.

Penerapan asas cabotage dimaksudkan dalam rangka pelaksanaan asas cabotage untuk melindungi kedaulatan dan mendukung perwujudan Wawasan Nusantara.

Hal tersebut dapat memberi kesempatan berusaha seluas-luasnya bagi perusahaan angkutan nasional untuk memperoleh pangsa pasar.

Baca juga: Peranan Transportasi Laut dalam Perdagangan

Referensi:

  • Latif Adam dan Inne Dwiastuti. 2015. Membangun Poros Maritim Melalui Pelabuhan. Jurnal Masyarakat Indonesia, Vol. 41, No. 2.
  • Retno Mulatsih. 2009. Pelayaran Sebagai Pendukung Tumbuh Kembang Ekonomi Maritim. Jurnal Sains dan Teknologi Maritim, Vol. 6, No. 2.
  • Shipowners Magazine. 2021. Sektor Pelayaran Berharap Pemulihan di Tahun 2021. Indonesian National Shipowners’ Association, Edisi 07.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com