Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Laos Tidak Memiliki Wilayah Laut

Kompas.com - 20/12/2023, 18:00 WIB
Rahma Atillah,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Secara geografis, kawasan Asia Tenggara merupakan wilayah yang berada di antara wilayah Asia Selatan dan Asia Timur. Sehingga, sebagian besar negara memiliki wilayah laut.

Namun, di antara negara-negara yang berada di Asia Tenggara lainnya, ternyata ada satu negara yang tidak memiliki wilayah perairan seperti laut.

Satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki laut adalah Laos, oleh sebab itu Laos memiliki julukan landlocked country.

Landlocked country adalah negara berkembang yang mana mayoritas pertumbuhan ekonominya terhambat. Sehingga, memiliki ketergantungan yang cukup tinggi kepada negara-negara di sekitarnya.

Lantas, mengapa Laos tidak memiliki laut? Laos tidak memiliki laut karena posisinya diapit oleh negara lain, tidak memiliki batas laut, dan wilayahnya didominasi pegunungan. 

Baca juga: Negara-negara yang Berbatasan dengan Laut Indonesia

Posisinya diapit oleh negara lain

Laos terletak di tengah benua Asia Tenggara, di mana letak tersebut membuat Laos diapit oleh lima negara besar.

Adapun negara-negara yang mengapit Laos adalah Kamboja, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Thailand, Vietnam, dan Myanmar (wilayah Burma).

Karena dikelilingi oleh negara-negara tersebut, maka Laos sama sekali tidak memiliki akses langsung dengan wilayah laut.

Di sisi lain, posisi geografis Laos juga sangat strategis karena berada di tengah-tengah Asia Tenggara, sehingga memiliki akses langsung ke pasar global.

Baca juga: Kondisi Geografis Negara Laos

Tidak memiliki batas laut

Negara Laos tidak memiliki hasil perikanan laut sebab tidak memiliki wilayah perairan.

Hal tersebut berdampak terhadap perekonomian dan sangat tidak menguntungkan bagi Laos. 

Khususnya, di bidang perdagangan internasional karena Laos tidak mempunyai akses perdagangan lewat laut.

Sebagai negara yang tidak memiliki laut, maka Laos sangat bergantung terhadap aksebilitas perbatasan agar lalu lintas perdagangan internasional dapat berjalan dengan lancar.

Laos juga telah banyak melakukan kerja sama yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi, seperti ekspor dan impor.

Baca juga: Kegiatan Ekonomi Utama Penduduk Negara Laos

Wilayahnya didominasi pegunungan

Laos merupakan satu-satunya negara ASEAN yang tidak memiliki wilayah laut, pernyataan tersebut dibuktikan oleh banyaknya pegunungan tinggi di Laos.

Laos merupakan negara yang dikelilingi oleh daratan, di mana sebagian besar wilayah Laos adalah pegunungan dan wilayah lainnya merupakan dataran tinggi. 

Sebagai negara pegunungan dengan kawasan hutan tropis yang belum terjamah, pertanian merupakan kegiatan ekonomi utama yang menyerap banyak tenaga kerja di Laos.

Baca juga: 6 Flora Endemik Laos

Referensi:

  • Eric Wicaksono. 2017. Koridor Ekonomi sebagai Jembatan Keterkuncian Geografis: Kasus Pertumbuhan Ekonomi Laos 2000-2010. Jurnal Hubungan Internasional, Vol. 10, No. 1
  • Indriyani, R., Budyatmojo, W., Rahman, A., & Sudarso, T. 2017. The Interplay Between Laos as Landlocked State and its Surrounding Coastal States. Yustisia, Vol. 6, No. 2.
  • (Sumber: Kompas.com/Vanya Karunia Mulia Putri)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com