Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Contoh dari Cyberstalking

Kompas.com - 20/12/2023, 15:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Media sosial merupakan media terjadinya perundungan siber.

Adapun media perundungan siber yang digunakan antara lain menggunakan media elektronik, seperti pesan singkat, surat elektronik, chat rooms, websites, games online, situs jejaring sosial, atau pesan teks.

Salah satu perundungan di dunia siber yakni cyberstalking.

Berikut penjelasan mengenai pengertian dan contoh dari cyberstalking:

Baca juga: Cyber Crime: Definisi, Jenis, dan Contohnya

Pengertian

Dikutip dari buku Digital Parenting (2020) oleh Maulidya Ulfah, cyberstalking adalah bentuk pelecehan dengan cara berulang kali mengirimkan pesan yang meliputi ancaman bahaya atau kegiatan online lainnya.

Tindakan ini bertujuan membuat seseorang takut akan keselamatannya.

Pesan yang dikirim melalui komunikasi pribadi seperti email atau pesan teks, tergantung pada isi pesan yang mungkin juga ilegal.

Sementara itu, menurut buku Etika Profesi Teknologi Informasi dan Komunikasi (2022) oleh Maniah dan Iraf Sophan, cyberstalking merupakan kejahatan yang dilakukan oleh seseorang untuk melecehkan orang lain dengan cara menguntit ataupun mengancam pihak yang dituju dengan memanfaatkan media komputer seperti email.

Baca juga: 7 Jenis Kejahatan Dunia Maya atau Cyber Crime

Cyberstalking merupakan tindakan kriminal yang ditujukan kepada seseorang dengan cara melecehkan, mengintimindasi, maupun meneror korbannya dengan cara memantau aktivitasnya melalui internet.

Selain itu, kejahatan ini mencakup aksi pelaku dalam membuat tuduhan palsu, pengancaman, menghina, serta mengganggu korban melalui sosial media, email, dan platform pribadi lainnya.

Contoh cyberstalking

Dilansir dari buku Tinjauan Pandemi COVID-19 dalam Psikologi Perkembangan (2021) oleh Riana Sahrani, contoh dari tindakan kriminal cyberstalking adalah menguntit seseorang di dunia maya secara berlebihan bahkan menjadi terganggu.

Biasanya pelaku cyberstalking melakukan tindakan stalking dengan cara berkomentar pada status, foto, atau unggahan dari korban dalam akun media sosialnya.

Bahkan pelaku mungkin saja mengirimi spam chat kepada korban sehingga bisa mengganggu kenyamanannya.

Baca juga: 10 Bentuk Cyber Crime

Pelaku juga biasanya meneror rekan/teman dari korban dengan cara mengirim pesan kepada temannya untuk bisa mendapatkan informasi secara mendalam tentang korbannya.

Adapun menggunakan proteksi akun pribadi serta menghindari publikasi pribadi di internet merupakan salah satu cara terbaik menangani masalah tersebut.

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan contoh dari cyberstalking.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com