Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Faktor yang Memengaruhi Laju Reaksi

Kompas.com - 11/12/2023, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Laju reaksi adalah perubahan konsentrasi pereaksi (reaktan), atau konsentrasi hasil reaksi (produk) tiap satuan waktu.

Pengertian laju reaksi adalah laju berkurangnya pereaksi, atau bertambahnya produk dalam tiap satuan waktu.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ada empatfaktor yang memengaruhi laju reaksi, yakni:

  • Luas permukaan bidang sentuh
  • Konsentrasi
  • Suhu
  • Katalis.

Simak penjelasan faktor pengaruh laju reaksi di bawah ini!

Baca juga: Pengertian Laju Reaksi dan Contohnya

Luas permukaan bidang sentuh

Menurut Jhauharotul Muchlisyiyah, dkk dalam buku Kimia Fisik Pangan (2017), luas permukaan adalah besaran permukaan bidang sentuh ketika bereaksi.

Makin kecil ukuran partikel zatnya, berarti luas permukaannya kian besar. Jika luas permukaannya besar, laju reaksinya kian tinggi atau cepat.

Konsentrasi

Faktor yang memengaruhi laju reaksi berikutnya adalah konsentrasi.

Dikutip dari buku Kimia Dasar (2022) karya Lovi Sandra dkk, pada suhu tetap dan tanpa katalis, reaksi yang diberikan akan meningkat tergantung konsentrasi reaktannya.

Apabila konsentrasi jumlah molekul per satuan volumenya meningkat, frekuensi tumbukan akan bertambah. Sehingga laju reaksi berjalan cepat atau meningkat.

Makin besar konsentrasi zat pereaksinya, laju reaksi kian tinggi. Penambahan laju reaksi ini menandakan reaksi berjalan cepat, akibat tingginya konsentrasi pereaksi.

Baca juga: Persamaan Laju Reaksi

Suhu

Faktor pengaruh laju reaksi berikutnya ialah suhu.

Jika suhunya makin tinggi, laju reaksi akan bertambah tinggi pula. Dalam hal ini, panas akan menyediakan energi untuk mengubah partikel dari yang tidak aktif menjadi aktif.

Partikel aktif ini dapat merusak ikatan ketika terjadi tumbukan, sehingga reaksi lebih mudah terjadi. Akibatnya, laju reaksi bertambah besar.

Katalis

Laju reaksi dipengaruhi oleh katalis yang berfungsi mempercepat jalannya laju reaksi.

Dengan katalis, energi aktivasi akan menurun, sehingga energi minimal yang diperlukan untuk memulai reaksi juga menurun. Akibatnya reaksi berjalan cepat.

Kereaktifan zat pereaksi

Selain luas permukaan bidang sentuh, konsentrasi, suhu, dan katalis, faktor yang memengaruhi laju reaksi lainnya, yakni kereaktifan zat pereaksi.

Baca juga: Laju Reaksi: Peran Katalis dalam Berbagai Bidang

Jika zat pereaksinya makin reaktif, laju reaksinya akan bertambah tinggi. Zat yang reaktif akan lebih mudah melepaskan elektronnya, sehingga reaksi lebih mudah terjadi.

Kelima faktor pengaruh laju reaksi tersebut saling berkaitan dan memengaruhi jalannya laju reaksi kimia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com