Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jenis Kecepatan Arus Internet

Kompas.com - 10/11/2023, 01:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Internet adalah kumpulan atau jaringan dari komputer yang ada di seluruh dunia, di mana komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi data.

Dalam menjalin komunikasi di internet, tentunya dibutuhkan kecepatan akses internet untuk melancarkan proses komunikasi tersebut.

Kecepatan akses internet akan sangat bergantung pada teknologi jaringan di sekitar jarak dan jarak atau kondisi lingkungan saat koneksi internet dilakukan.

Ada beberapa pilihan tipe kecepatan internet yang dapat kita gunakan, berikut ini adalah kecepatan akses internet berdasarkan saluran antara lain:

Baca juga: Macam-macam Hardware Untuk Mengakses Internet

Dial-up 

Dial-up adalah cara pengguna internet terhubung ke ISP (Internet Service Provider) melalui jaringan telepon reguler (PSTN).

Dial-up umumnya digunakan oleh pengguna yang menginginkan untuk mengakses internet dari rumah.

Komputer yang digunakan untuk dial-up pun pada umunya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer).

Kecepatan akses internet menggunakan dial-up dapat mencapai maksimal dengan kecepatan 56 kbps.

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line)

ADSL adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1.104 kHz, di mana ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, sehingga data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain

Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara atau fax secara simultan.

Kecepatan maksimum yang dapat digunakan pada generasi terakhir modem ADSL menggunakan teknologi ADSL 2+ adalah sekitar 15Mbps untuk jarak antara rumah ke sentral telepon sekitar 1,5 km.

Baca juga: Mengenal Aplikasi-Aplikasi Internet

GPRS

GPRS adalah kepanjangan dari General Packet Radio Service, yaitu komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio.

GPRS memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile) dan dapat digunakan untuk transfer data.

Kecepatan GPRS mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet dan pengiriman data multimedia ke komputer, notebook, dan handheld komputer.

3G

3G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris yaitu third generation technology. Istilah ini umumnya digunakan untuk mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com