Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Analisis, Fungsi dan Tujuan beserta Jenisnya

Kompas.com - 03/11/2023, 02:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam melakukan suatu penelitian atau pengolahan data, perlu adanya tahap analisis untuk membuktikan hasil penelitian tersebut.

Analisis telah digunakan di berbagai bidang ilmu, oleh sebab itu pada setiap disiplin ilmu, analisis merupakan suatu komponen yang penting.

Lantas, apa itu analisis?

Baca juga: Analisa atau Analisis, Mana Penulisan yang Tepat?

Berikut penjelasan mengenai analisis beserta fungsi, tujuan dan jenisnya:

Apa itu analisis?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaah bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian, untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

Analisis juga dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk menemukan temuan baru terhadap suatu obyek yang akan diteliti ataupun diamati oleh peneliti, dengan menemukan bukti-bukti yang akurat pada obyek tertentu.

Analisis identik dengan penjabaran setelah proses pengkajian yang sebaik-baiknya, di mana pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.

Baca juga: Bagaimana Proses Analisis Data yang Benar?

Fungsi dan tujuan analisis

Pada umumnya, fungsi dan tujuan analisis tergantung bagaimana proses penggunaan metode analisisnya. Namun secara garis besar, analisis memiliki fungsi dan tujuan untuk menentukan sebuah keputusan.

Keputusan dalam hal ini menacakup pengambilan keputusan berdasarkan dugaan, teori, atau prediksi dari sesuatu yang sebelumnya telah dipahami melalui metode analisis.

Secara spesifik, analisis berfungsi untuk menguraikan suatu hal menjadi komponen-komponen kecil yang diketahui hubungan-hubungannya, sehingga komponen tersebut dapat dipahami dengan mudah.

Adapun tujuannya, analisis bermanfaat untuk memperoleh pemahaman yang lebih detail mengenai suatu hal, di mana pemahaman tersebut nantinya akan dijelaskan kepada publik, dan publik mendapat informasi dari hasil analisis tersebut.

Baca juga: Analisis SWOT: Pengertian dan Fungsinya

Jenis analisis

Analisis dapat dikelompokkan berdasarkan teknik penggunaannya, di mana perbedaan jenis analisis tergantung dengan metode penelitian atau teknik pengumpulan data yang diterapkan.

Secara garis besar, analisis dibedakan atas dua kelompok, yakni analisis logika dan analisis realis. Berikut penjelasannya: 

Analisis logika

Analisis logika adalah suatu jenis evaluasi teori program tertentu yang berdasarkan pengetahuan ilmiah, sehingga dapat membantu mengidentifikasi kajian untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Tujuan analisis logika adalah untuk mengidentifikasi cara terbaik untuk mencapai tujuan yang diharapkan, di mana pada umumnya analisis logika didasarkan para prinsip tertentu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com