Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pengertian Guru Menurut Ahli

Kompas.com - 20/10/2023, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Menurut pandangan tradisional, guru adalah seorang yang berdiri di depan kelas untuk menyampaikan ilmu pengetahuan.

Berikut sepuluh pengertian guru menurut ahli:

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, guru adalah seorang dengan gagasan yang diwujudkan untuk kepentingan anak didik.

Sehingga menjunjung tinggi, mengembangkan, dan menerapkan keutamaan yang menyangkut kebudayaan dan keilmuan.

Karwono

"Guru adalah komponen penting dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, perbaikan kualitas pembelajaran harus difokuskan pada upaya memperbaiki kualitas guru."

Tugas guru, yakni menggunakan keterampilannya untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Dengan harapan, pesan tersebut dapat diterima dengan baik oleh peserta didiknya.

Baca juga: Kewajiban Kamu terhadap Teman-Teman dan Guru di Sekolah

Nasrul

Pengertian guru menurutnya adalah profesi yang mengharuskan seseorang memiliki keahlian dan keterampilan khusus.

Lewat guru, siswa dididik agar memiliki karakter yang baik dalam perilakunya. Profil guru yang ideal adalah pengabdian berdasarkan panggilan jiwa dan hati nurani.

UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Definisi guru menurut UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yakni pendidik profesional yang bertugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada, baik dalam pendidikan anak usia dini, pendidikan formal, pendidikan dasar, hingga pendidikan menengah.

Bahri dan Zain

Menurutnya, guru adalah tenaga pendidik yang memberi sejumlah ilmu pengetahuan kepada anak didiknya. Guru adalah orang yang membimbing atau melakukan kegiatan dalam pendidikan.

Abdul Mujid

Baginya, guru adalah orang dewasa yang bertanggung jawab dalam memberi pertolongan kepada peserta didiknya, agar mereka berkembang secara jasmani dan rohani.

Harapannya peserta didik tersebut dapat tumbuh dewasa, mandiri, menaati aturan agama, dan melaksanakan tugasnya sebagai makhluk sosial juga mandiri.

Baca juga: Perbedaan Sosiolog sebagai Ahli Riset dan Guru

Binti Maunah

Pengertian guru menurutnya adalah orang yang mengenal dirinya sendiri. Hal ini berarti, orang tersebut terpanggil untuk mendampingi peserta didik dalam proses belajar.

Djamarah

Baginya, guru adalah orang yang memberi ilmu pengetahuan terhadap anak didiknya.

Jadi, guru yang mengabdikan dirinya kepada masyarakat bertanggung jawab dalam proses belajar mengajar di tempa tertentu, bukan hanya di lembaga fornal saja.

Uzer

Definisi guru baginya adalah orang yang mampu dan ahli dalam bidang keguruan, sehingga mereka mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

Ahmadi

Menurutnya, guru berperan sebagai pembimbing dalam proses belajar.

Guru juga berperan untuk menyediakan kondisi yang membuat siswa merasa aman dan yakin untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Baca juga: Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat, Guru, Orang Tua, dan Teman Sekelas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com