Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Array dalam Pemrograman

Kompas.com - 19/10/2023, 05:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pernahkah kamu mendengar istilah array?

Array dibentuk dari tipe data C/C++ dan merupakan suatu struktur data dalam pemrograman untuk tujuan tertentu

Mari mengenal lebih lanjut mengenai array.

Pengertian Array

Apa yang dimaksud dengan array? Apa itu array dalam pemrograman?

Array sering juga dikenal sebagai larik.

Array adalah sekumpulan variabel yang mempunyai tipe data yang sama dan diidentifikasikan dengan memakai satu nama saja.

Dengan kata lain, satu nama variabel atau pengenal digunakan untuk sekumpulan data dengan tipe data yang sama.

Apabila salah satu anggota array mempunyai tipe data integer, maka anggota array yang lain juga mempunyai tipe data integer. Hal yang sama juga berlaku apabila salah satu anggota array mempunyai tipe data karakter, maka anggota array yang lain juga bertipe karakter.

Baca juga: Bahasa Pemrograman: Pengertian, Fungsi, Tingkat, dan Macamnya

Seperti sebuah variabel, array akan menempati suatu lokasi dalam memori tertentu pada komputer. Areal memori tersebut biasanya saling berhubungan dan berurutan.

Anggota dari suatu array disebut elemen array. Elemen tertentu dalam array dapat diakses melalui indeks yang dimiliki array tersebut.

Setiap elemen dalam array akan mempunyai nomor indeks yang berbeda-beda. Nomor indeks berbentuk urutan bilangan integer positif yang dimulai dari angka nol.

Oleh karena itu, array dalam pemrograman adalah sebuah struktur data yang digunakan untuk menyimpan sejumlah data atau elemen dengan tipe yang sama.

Data atau elemen dalam array disimpan secara terindeks, mulai dari indeks 0 sampai dengan indeks N-1, di mana N adalah panjang atau ukuran array.

Array memudahkan kita untuk mengelola sejumlah data atau elemen dengan tipe data yang sama secara terstruktur dan efisien. kita dapat mengakses setiap elemen dalam array dengan cepat menggunakan indeksnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Tipe Data Pemrograman dan Fungsinya

Jenis array

Jenis-jenis array, sebagai berikut:

  • Array satu dimensi (single-dimensional array)

Array satu dimensi adalah array dengan satu dimensi atau satu baris, di mana setiap elemennya diakses menggunakan satu indeks.

  • Array dua dimensi (two-dimensional array)

Array dua dimensi adalah array dengan dua dimensi atau dua baris dan dua kolom, di mana setiap elemennya diakses menggunakan dua indeks, yaitu indeks baris dan indeks kolom.

  • Array multi dimensi (multi-dimensional array)

Array multi dimensi adalah array dengan lebih dari dua dimensi atau lebih dari dua baris dan dua kolom, di mana setiap elemen diakses menggunakan indeks yang sesuai dengan jumlah dimensi yang dimiliki.

Baca juga: Apa Itu Debugging?

 

Referensi:

  • Guntara, R. G. (2023). Algoritma dan Pemrograman Dasar: Menggunakan Bahasa Pemrograman C++ dengan Contoh Kasus Aplikasi untuk Bisnis dan Manajemen. CV. Ruang Tentor.
  • Rihartanto & Putra, A. B. W. (2019). Pemrograman Dasar pada Program Vokasi.  Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com