Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kegunaan Trafo Step Up dan Step Down? Ini Penjelasannya ....

Kompas.com - 18/10/2023, 16:30 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Transformator merupakan suatu komponen pasif yang memiliki 4 kaki atau lebih ujung pada 2 bagian yang disebut bagian primer dan sekunder.

Dilansir dari Buku Ajar Listrik dan Elektronika Dasar Teknik Pertanian (2022) oleh Mareli Telaumbanua, berdasarkan fungsinya ada dua jenis transformator (trafo) yakni trafo step up, dan trafo step down.

Lalu, apa kegunaan dari trafo step up dan step down?

Baca juga: Trafo: Pengertian dan Cara Kerja

Kegunaan trafo step up dan down

Berikut penjelasan mengenai kegunaan dari trafo step up dan step down:

Trafo step up

Trafo step up adalah sebuah transformator yang memiliki kegunaan sebagai pengubah tegangan dari tegangan rendah menjadi tegangan tinggi.

Dikutip dari buku Dasar Sistem Kelistrikan Kapal (2019) oleh Andy Wahyu Hermanto dan Shabrina Putri Chairandy, trafo step up digunakan sebagai penghubung trafo generator ke grid di dalam tegangan listrik.

Cara kerja trafo step up yakni komponen tegangan sekunder dijadikan tegangan output yang lebih tinggi yakni dapat ditingkatkan dengan cara memperbanyak lilitan di kumparan sekundernya sehingga jumlah lilitan kumparan primer lebih sedikit.

Baca juga: Jenis-Jenis Trafo

Trafo step down

Trafo step down memiliki kegunaan yang berkebalikan dari step up, yaitu mengubah tegangan yang tinggi menjadi tegangan yang lebih rendah.

Pada jenis trafo ini, rasio untuk jumlah lilitan pada kumparan primer lebih banyak daripada jumlah lilitan pada kumparan yang sekunder.

Trafo step down digunakan untuk mengubah tegangan grid yang tinggi menjadi yang lebih rendah di mana dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga.

Contohnya, untuk menurunkan taraf tegangan listrik dari PLN 220V menjadi taraf tegangan yang dapat disesuaikan dengan peralatan elektronik di rumah.

Itulah penjelasan mengenai kegunaan trafo step up dan trafo step down.

Baca juga: Contoh Soal Cara Menghitung Efisiensi Trafo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com