Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrograman Python

Kompas.com - 18/10/2023, 02:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pernahkah kamu mendengar bahasa pemrograman Python? Atau tertarik untuk mempelajarinya?

Mari mengenal tentang pengertian dan sejarah bahasa pemrograman Python:

Pengertian Python

Apa pengertian dari bahasa Pemrograman Python?

Python adalah bahasa pemrograman serbaguna yang sifatnya interpretatif dengan filosofi desain yang menitikberatkan pada keterbacaan kode.

Python yaitu bahasa pemrograman yang digunakan developer untuk membuat aplikasi, memberi perintah komputer, serta melakukan analisis data.

Python merupakan suatu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sangat luar biasa dan berorientasi obyek.

Nama Python pada bahasa pemrograman ini bukan diambil dari nama jenis ular yang besar. Namun, Python diambil dari nama grup komedi terkenal dari Inggris, yaitu Monty Python.

Python dianggap sebagai bahasa yang menggabungkan kemampuan yang kuat dengan sintaks kode yang sangat jelas, serta dilengkapi dengan pustaka standar yang komprehensif dan luas.

Salah satu fitur khas dari Python adalah keberadaannya sebagai bahasa pemrograman dinamis dengan manajemen memori yang otomatis.

Baca juga: Pengertian dan Tingkatan Bahasa Pemrograman Komputer

Bahasa pemrograman Python sering digunakan untuk apa?

Seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, Python sering digunakan sebagai bahasa scripting, namun kegunaan Python tidak hanya itu.

Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

Bahasa Python dapat dijalankan di berbagai platform, seperti Windows, Java Virtual Machine, macOS, Amiga, Linux/Unix, Palm, dan Symbian (untuk produk-produk Nokia).

Bahasa pemrograman Python tidak dapat digunakan secara langsung pada software teks editor ataupun terminal pada device seperti bahasa pemrograman PHP. Python dapat digunakan apabila sudah ter-instal pada device yang digunakan.

Baca juga: Bahasa Pemrograman C: Awal Mula dan Pengertiannya

Sejarah Python

Python diciptakan oleh Guido van Rossum pertama kali pada awal tahun 1990-an di Belanda. Bahasa Python terinspirasi dari bahasa pemrograman ABC.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com