Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memahami Falsafah Doraemon dalam Kewirausahaan

Kompas.com - 05/10/2023, 03:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kewirausahaan sering diartikan sebagai aktivitas untuk menghasilkan profit, melalui keberanian mengambil risiko dan perhitungan yang tepat.

Wirausaha adalah kegiatan usaha atau bisnis mandiri, di mana segala sumber daya dan upaya dibebankan kepada pelaku usaha. 

Seorang wirausahawan membutuhkan suatu prinsip agar berhasil dalam mencapai tujuannya.

Keberhasilan seorang wirausaha dalam menjalankan usaha harus dilandasi dengan falsafah yang dikenal dengan nama ’DORAEMON’.

Falsafah ‘DORAEMON’ berisi tentang prinsip-prinsip atau motivasi keberhasilan wirausahawan dalam menjalankan bisnis yang dapat meningkatkan keberhasilan.

Baca juga: Perbedaan Pengusaha dan Wirausaha

Falsafah DORAEMON terdiri dari delapan huruf yang masing-masing melambangkan makna. Berikut penjelasannya: 

Dream

Semua orang tentu memiliki impian, begitu pun dengan wirausaha. Seorang wirausaha harus memiliki impian, sebab semua bermula dari sebuah mimpi dan keyakinan akan usaha yang akan dijalankan.

Wirausaha yang memiliki mimpi yang selalu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, cara pelayanan, jasa, ataupun ide yang dapat dijual dengan sukses.

Opportunity 

Opportunity yang dimaksud yakni seorang wirausaha harus mampu mencari peluang usaha, tanggap terhadap peluang dan kesempatan berusaha maupun yang berkaitan dengan perbaikan kerja, serta mampu mengembangkan ide-ide baru dan menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan.

Baca juga: Peran Wirausaha dalam Membangun Ekonomi Indonesia

Reform 

Bermula dari mimpi, menemukan peluang, lalu selanjutnya tentu perlu adanya rencana yang tersusun. Dalam hal ini wirausaha dituntut agar mampu menyusun perencanaan dan mengimplementasikannya secara sistematis.

Action 

Untuk memulai suatu bisnis, tentu harus ada sebuah tindakan yang dilakukan. Maka dari itu wirausaha harus berani bertindak. Tindakan yang tepat dan terukur akan membuat sebuah mimpi menjadi kenyataan dan bergerak menuju perubahan.

Energy 

Untuk mulai membangun atau mengembangkan usahanya, seorang wirausaha harus memiliki semangat yang tinggi  serta penuh energi dan berkeyakinan untuk menuju suatu keberhasilan yang akan diraih.

Baca juga: Sikap dan Perilaku yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

Mapping 

Butuh pemetaan yang lengkap agar pemerataan kemajuan dapat dirasakan oleh segala lapisan, hal ini bisa dilakukan dengan pemetaan usaha melalui analisis SWOT.

Analisis ini penting untuk menciptakan peluang yang baik dalam menjalankan usahanya secara efektif dan efisien.

Dengan perencanaan dan pengaturan yang tepat serta dapat menempatkan pada posisi yang pas, maka semua akan dapat memberikan kemajuan pada bagian masing-masing.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com