Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Definisi Peta Menurut Ahli

Kompas.com - 27/09/2023, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Peta adalah gambaran seluruh atau sebagian kenampakan permukaan Bumi pada suatu bidang datar. 

Beberapa ahli turut memberi pendapatnya soal pengertian peta. Berikut lima definisi peta menurut para ahli:

Definisi peta menurut ICA (International Cartographic Association)

ICA atau International Cartographic Association adalah organisasi yang berkaitan dengan kartografi dan sistem informasi geografis berskala internasional.

Dikutip dari jurnal Penyuluhan dan Pemetaan Lokasi Rumah (2013) oleh Yulianto Purwono Prihatmaji dkk, berikut definisi peta menurut ICA:

"Peta adalah gambaran atau representasi unsur kenampakan abstrak yang dipilih dari permukaan Bumi, yang umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil."

Baca juga: Definisi Peta dan Komponen-komponennya

Definisi peta menurut Bintarto

Bintarto merupakan seorang ahli geografi berkebangsaan Indonesia. Ia turut mengemukakan pendapatnya soal pengertian peta.

Pengertian peta menurut Bintarto adalah gambaran permukaan Bumi pada suatu bidang datar, yang diperkecil dengan skala tertentu dan dilengkapi simbol.

Definisi peta menurut PP Nomor 10 Tahun 2000

Dilansir dari Pasal 1 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2000 tentang Tingkat Ketelitian Peta untuk Penataan Ruang Wilayah, berikut definisi peta:

"Peta adalah suatu gambar dari unsur-unsur alam dan atau buatan manusia, yang berada di atas maupun di bawah permukaan Bumi, yang digambarkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu."

Definisi peta menurut BIG (Badan Informasi Geospasial)

Badan Informasi Geospasial (BIG) adalah lembaga pemerintah non-kementerian yang menjalankan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial.

Pengertian peta menurut BIG adalah wahana penyimpanan dan penyajian data lingkungan, yang difungsikan bagi para perencana untuk mengambil keputusan.

Baca juga: Soal UAS Geografi: Jenis-jenis Peta

Definisi peta menurut Erwin Raisz

Dalam buku Perpetaan untuk Perencanaan Wilayah dan Kota (2023) karya Herika Muhamad Taki dan Anita Sitawati Wartaman, berikut definisi peta menurut Erwin Raisz:

"Peta adalah gambaran konvensional permukaan Bumi, seperti kenampakannya jika dilihat tegak lurus dari atas, dan diberi tulisan serta keterangan untuk keperluan pengenalan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com