Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Struktur Teks Novel Sejarah dan Contohnya

Kompas.com - 24/09/2023, 12:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Novel sejarah merupakan novel yang menggunakan tokoh-tokoh dan peristiwa bersejarah, dengan latar belakang dan waktu silam dibandingkan dengan waktu penulisan novel tersebut.

Struktur teks novel sejarah terdiri dari orientasi, pengungkapan peristiwa, menuju konflik, puncak konflik, resolusi, dan koda.

Novel sejarah dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

  • Novel sejarah yang mengambil latar belakang dan peristiwa bersejarah, namun penulis menciptakan tokoh-tokoh lain yang sesuai dengan zaman itu.
  • Kedua, novel sejarah yang menggunakan tokoh-tokoh yang ada dalam sejarah dan mengadaptasikannya dengan latar peristiwa sejarah.

Novel sejarah adalah novel berdasarkan pada fakta sejarah yang diceritakan kembali dengan sudut pandang yang berbeda dan tidak tercemin dalam fakta sejarah yang bersangkutan. Oleh karena itu, novel sejarah termasuk novel rekon imajinasi.

Baca juga: Novel Sejarah: Pengertian dan Ciri-cirinya

Mari mengenal lebih lanjut mengenai struktur dan contoh novel sejarah:

Struktur teks novel sejarah

Novel sejarah dibentuk dengan struktur teks yang terdiri dari:

  • Orientasi

Orientasi adalah bagian yang mengenalkan bagaimana situasi cerita. Bagian ini menyajikan latar cerita, baik dari segi tempat, waktu, maupun peristiwa. Selain itu, bagian ini juga diarahkan untuk mengenalkan tokoh dan hubungan antar tokoh dalam cerita.

  • Pengungkapan peristiwa

Bagian ini berisi peristiwa-peristiwa awal yang nantinya dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Peristiwa-peristiwa tersebut merupakan permulaan dari akan bermunculannya konflik atau kesulitan para tokoh.

  • Menuju konflik

Bagian menuju konflik juga dapat disebut dengan rising action. Bagian ini berisi peningkatan ketegangan, kegembiraan, perhatian, dan partisipasi dalam berbagai situasi yang mampu membuat tokoh semakin kesulitan.

Baca juga: Contoh Kerangka Novel Sejarah

  • Puncak konflik

Puncak konflik juga dapat dikenal sebagai komplikasi atau turning point. Selain itu, bagian ini juga dikenal dengan sebutan klimaks.

Bagian ini adalah bagian terbesar dan bagian yang membuat cerita menjadi menarik. Bagian ini mengatur perubahan nasib yang dialami oleh berbagai tokoh, seperti mampu atau tidaknya ia menyelesaikan permasalahan.

  • Resolusi

Bagian resolusi juga dapat disebut sebagai penyelesaian atau evaluasi. Bagian resolusi berisi penilaian ataupun penjelasan mengenai nasib dan sikap tokoh setelah ia menghadapi puncak konflik.

Bagian resolusi terletak di penghujung akhir cerita dan sering menggambarkan bagaimana bentuk akhir, nasib, dan kondisi tokoh utama.

  • Koda

Koda adalah bagian yang memuat komentar mengenai isi cerita secara umum. Komentar yang disajikan merupakan komentar yang dapat diwakili oleh tokoh atau dibuat langsung oleh penulis.

Bagian ini berfungsi sebagai kesimpulan. Namun, koda tidak dimiliki oleh seluruh novel. Bahkan, kebanyakan novel modern pun membuat pembaca memikirkan sendiri bagaimana kesimpulan akhirnya.

Baca juga: Struktur Teks Deskripsi dan Pengertiannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com