Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Servis dalam Olahraga Bola Voli

Kompas.com - 19/09/2023, 02:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Permainan bola voli menjadi salah satu cabang olahraga yang dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat. Bahkan cabang olahraga bola voli juga sudah banyak dipertandingkan, baik di Indonesia maupun di dunia.

Dalam setiap cabang olahraga pasti ada teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemainnya, begitupun pada olahraga bola voli.

Salah satu teknik dasar dalam olahraga bola voli adalah servis, servis dalam bola voli pun bervariasi jenisnya.

Nah, sebelum membahas mengenai jenis servis dalam bola voli, sudah semestinya kita mengenal dulu terkait olahraga bola voli.

Baca juga: Bola Voli: Pengertian, Sejarah dan Manfaatnya

Apa itu olahraga bola voli

Dilansir dari buku Jago Bola Voli untuk Pemula (2020) karya Ikbal Tawakal, olahraga bola voli adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara melambungkan bola melewati net untuk dimainkan di lapangan secara beregu.

Olahraga boal voli diciptakan pertama kali oleh William G.Morgan pada tahun 1870 dan memiliki tujuan awal untuk mendapatkan kesegaran jasmani.

Bola voli termasuk ke dalam jenis permainan bola besar, prinsip permainan ini cukup sederhana, yakni memainkan bola sebelum bola tersebut menyentuh lantai lapangan.

Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam permainan bola voli antara lain nilai kerja sama, percaya diri, bertanggung jawab, keberanian dan sportivitas.

Servis dalam olahraga bola voli

Dalam permainan bola voli paling tidak ada 6 teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemainnya, salah satunya adalah servis.

Mengutip dari pendapat Mulyadi dalam bukunya yang berjudul Volleyball for All (2009), servis merupakan tindakan menempatkan bola ke dalam permainan. Servis dalam bola voli diartikan sebagai awal dimulainya suatu permainan bola voli.

Servis dilakukan oleh pemain belakang yang berada di daerah sebelah kanan belakang dari garis belakang lapangan atau daerah servis.

Pemain memukul bola dengan sebelah tangan dengan cara sedemikian rupa hingga bola dapat terkirimkan melintasi net ke daerah lawan. Sebagai suatu serangan pertama maka, servis diusahakan harus masuk ke lapangan lawan.

Servis digunakan untuk menyerang lawan, bahkan servis yang baik dapat mengacaukan pertahanan lawan dan menyulitkan lawan untuk melakukan serangan.

Baca juga: Formasi dalam Permainan Bola Voli

Jenis-jenis Servis dalam olahraga bola voli

Servis merupakan teknik dasar yang penting dalam permainan bola voli, kemampuan servis yang baik dapat digunakan untuk memperoleh poin dan mengacaukan posisi bertahan lawan.

Dalam melakukan servis ada beberapa jenis cara servis yang biasa dilakukan oleh pemain. Adapun jenis-jenis servis bola voli antara lain:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com