Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sendi Engsel: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 13/09/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Hubungan antar tulang di mana hanya memicu gerakan satu poros adalah sendi engsel. Apa yang dimaksud sendi engsel dan apa saja contoh dari sendi engsel? Beriku adalah penjelasannya!

Pengertian sendi engsel

Dilansir dari Biology LibreTexts, sendi engsel adalah sendi yang terbentuk dari ujung salah satu tulang yang agak membulat dan menempel pada ujung tulang lainnya yang agak berlubang.

Sambungan tersebut dilapisi oleh tulang rawan hialin dan dilumasi oleh cairan sendi sinovial.

Baca juga: Macam-Macam Sendi dalam Tubuh

Dilansir dari Medicine LibreTexts, sendi engsel bertindak seperti engsel pintu yang memungkinkan fleksi dan ekstensi hanya pada satu arah saja.

Fleksi adalah gerakan menggabungkan dua bagian tubuh, adapun fleksi adalah gerakan yang mereganggkan atau menjauhkan kedua bagian tersebut.

Sederhananya, sendi engsel adalah sendi yang memungkinkan gerakan satu arah seperti menutup dan membuka pada pintu.

Baca juga: Sendi Gerak: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Contoh sendi engsel

Contoh sendi engsel adalah pada siku manusia. Siku terbentuk dari sambungan tulang humerus atau tulang lengan atas dan ulna atau tulang hasta yang menyusun lengan bagian bawah.

Menurut Marco Gupton, dkk dalam Anatomy, Hinge Joints (2023), fleksi sendi engsel siku dilakukan oleh otot brachialis, biceps brachii, dan brachioradialis, adapun ekstensinya dilakukan oleh otot trisep brachii dan anconeus.

Gerak fleksi membuat siku melipat di mana lengan bawah dan lengan atas mendekat. Adapun, ekstensi membuat siku terbuka di mana lengan bawah dan lengan atas menjauh.

Selain pada siku, contoh sendi engsel adalah sendi interphalangeal pada tangan dan kaki, juga sendi tibiotalar pada pergelangan kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com