Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Kondisi Curah Hujan di Mesir?

Kompas.com - 11/09/2023, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Mesir merupakan salah satu negara yang terletak di Afrika Utara. Luas wilayah ini diperkirakan mencapai 1.002 juta kilometer persegi.

Salah satu hal yang paling dikenal masyarakat dunia tentang Mesir adalah banyaknya gurun pasir di negara ini.

Ternyata, kondisi ini sangat dipengaruhi oleh tingkat hujan Mesir. Bagaimana kondisi wilayah Mesir dan bagaimana kondisi curah hujan di Mesir?

Curah hujan di Mesir

Ilustrasi Mesir. Bagaimana kondisi curah hujan di Mesir? Curah hujan di Mesir sangatlah rendah. Bahkan ada beberapa wilayahnya yang tidak menerima hujan sepanjang tahun.iStockphoto/ioanna_alexa Ilustrasi Mesir. Bagaimana kondisi curah hujan di Mesir? Curah hujan di Mesir sangatlah rendah. Bahkan ada beberapa wilayahnya yang tidak menerima hujan sepanjang tahun.

Dikutip dari situs Climate Change Knowledge Portal - World Bank, iklim Mesir cenderung kering dan panas, karena kondisi wilayah Mesir didominasi gurun.

Meski begitu, negara ini memiliki musim dingin yang cenderung sejuk. Hujan biasanya turun di sepanjang wilayah pesisir.

Mulai Mei hingga September, musim panas yang kering dan panas melanda Mesir. Suhunya pun bervariasi tergantung musim dan arah anginnya.

Baca juga: Kondisi Alam Negara Mesir

Selama musim panas di wilayah gurun pedalaman, pada malam hari suhu udaranya mencapai 7º Celcius. Sewaktu siang, suhunya naik tajam menjadi 43º Celcius.

Bisa dikatakan bahwa Mesir adalah negara yang sangat gersang. Tingkat hujan Mesir cenderung lebih rendah dibanding negara lain di Afrika Utara.

Dilansir dari Britannica Kids, tiap wilayah di Mesir punya curah hujan yang berbeda. Adapun curah hujan terendah diraih wilayah selatan Mesir.

Sedangkan curah hujannya yang paling tinggi ada di Alexandria, Mesir Utara. Wilayah ini diperkirakan menerima hujan sebanyak 7 inci atau 17,5 sentimeter tiap tahunnya.

Berikutnya, Kairo. Ibu kota Mesir ini hanya mendapat curah hujan sekitar 1 inci atau 2,5 sentimeter tiap tahunnya.

Jika kalian menyangka bahwa curah hujan di Mesir yang paling rendah diraih Kairo, kalian salah.

Wilayah Aswan, Mesir Selatan, hanya mendapat curah hujan sekitar 0,1 inci atau setara dengan 0,25 sentimeter tiap tahunnya.

Baca juga: 4 Bentuk Muka Bumi Negara Mesir

Bahkan wilayah dataran pesisir Laut Merah dan Gurun Barat hampir tidak pernah mengalami hujan.

Curah hujan di Mesir, terutama di Semenanjung Sinai, mencapai 5 inci atau berkisar 12,5 sentimeter tiap tahunnya.

Tingkat hujan Mesir sangat dipengaruhi iklimnya. Mayoritas hujan itu biasanya berlangsung di musim dingin.

Kesimpulannya, kondisi wilayah Mesir cenderung kering dan panas, karena didominasi gurun.

Lalu, bagaimana kondisi curah hujan di Mesir? Curah hujan di Mesir tergolong rendah, bahkan ada beberapa wilayahnya yang tidak menerima hujan sama sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com