Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Sungai Nil bagi Masyarakat Mesir

Kompas.com - 22/04/2022, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Nil menjadi sungai terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 6.650 kilometer.

Air sungai ini mengalir ke utara dan Laut Mediterania melalui timur laut Afrika. Ada tiga aliran utama di Sungai Nil, yakni Nil Biru, Atbara, serta Nil Putih. Bagian hulunya mengalir ke Danau Victoria dan Danau Albert.

Bagi masyarakat Mesir, Sungai Nil memberi banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Ada yang memanfaatkannya sebagai sarana transportasi, ada pula yang menggunakannya untuk bertani.

Berikut empat manfaat Sungai Nil bagi masyarakat Mesir:

Jalur transportasi

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, Sungai Nil merupakan jalur air yang sangat vital untuk transportasi, khususnya ketika kendaraan bermotor tidak mungkin digunakan.

Contohnya saat banjir. Sungai terpanjang di dunia ini memungkinkan masyarakat Mesir untuk tetap beraktivitas dengan memanfaatkan jalur airnya sebagai sarana transportasi.

Baca juga: 5 Negara yang Dilewati Sungai Mekong

Memenuhi kebutuhan sehari-hari

Menurut Elaine Jackson dalam buku Egypt (2004), kehidupan masyarakat Mesir sangat bergantung pada air sungai Nil.

Sebab curah hujan di negara ini sangat minim tiap tahunnya. Sehingga manfaat Sungai Nil bagi masyarakat Mesir ialah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti memasak, mencuci, minum, hingga mengairi lahan pertanian.

Untuk irigasi

Dilansir dari National Geographic, sejak dahulu, orang Mesir Kuno telah mengembangkan metode irigasi untuk meningkatkan jumlah lahan yang bisa digunakan untuk ditanami tanaman.

Saat ini, 95 persen orang Mesir yang tinggal beberapa kilometer dari Sungai Nil, menggunakan airnya untuk mengairi pertanian.

Tidak hanya itu, kawasan Delta Nil atau delta Sungai Nil menjadi lokasi tumbuh ideal bagi tanaman papirus yang sering digunakan dalam pembuatan kertas, tali, kotak, dan kain.

Salah satu sumber makanan masyarakat Mesir

Dalam situs Kidadl, disebutkan bahwa Sungai nil menjadi salah satu sumber makanan bagi masyarakat Mesir.

Baca juga: Karakteristik Benua Afrika

Artinya masyarakat negara tersebut memanfaatkan Sungai Nil untuk mendapatkan ikan dan menangkap beberapa unggas yang hidup di sekitarnya.

Manfaat Sungai Nil lainnya adalah sebagai sarana rekreasi atau pariwisata, untuk memandikan ternak, membuat tanah di sekitarnya menjadi subur, serta sebagai sumber air bagi masyarakat Mesir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com