Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Faktor Ekonomi Bisa Menghambat Proses Mobilitas Sosial?

Kompas.com - 21/04/2022, 09:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Mobilitas sosial adalah gerak perpindahan seseorang atau kelompok dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.

Setidaknya ada dua faktor yang memengaruhi mobilitas sosial. Faktor ini sifatnya dapat mendorong atau menghambat terjadinya mobilitas sosial di masyarakat.

Salah satu faktor yang berpengaruh adalah ekonomi.

Dikutip dari buku Kumpulan Materi Ajar Kreatif (2020) oleh Tim Pelatihan Online Pembuatan Buku Ajar Berbasis Digital, pada satu sisi, faktor ekonomi bisa menjadi faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial.

Contohnya kondisi ekonomi yang baik akan membuat seseorang lebih mudah melakukan mobilitas sosial, seperti mendapat akses pendidikan, memperoleh modal, atau lainnya.

Namun di sisi lain, faktor ekonomi juga bisa menjadi penghambat mobilitas sosial. Ini bisa terjadi karena ada hal yang melatarbelakanginya.

Baca juga: Pengertian Mobilitas Sosial dan Faktor yang Memengaruhinya

Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?

Faktor ekonomi sangatlah luas. Namun, biasanya mencakup kemampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Menurut Sedarmayanti, dkk dalam buku Knowledge Management (2021), kemiskinan sebagai salah satu faktor ekonomi dapat membatasi kesempatan seseorang untuk berkembang dan mencapai tingkatan sosial tertentu.

Kondisi ekonomi yang buruk, seperti kemiskinan dan lemahnya kemampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya, dapat menghambat proses mobilitas sosial.

Sebagai contoh, keluarga A memiliki kondisi ekonomi yang buruk.

Keluarga tersebut pastinya kesulitan untuk melakukan mobilitas sosial, seperti pindah ke hunian yang lebih layak atau memiliki pekerjaan lebih baik.

Untuk melakukan mobilitas sosial, seseorang harus memiliki beberapa faktor. Misalnya pendidikan, faktor individu, ekonomi, dan sebagainya.

Dengan demikian, alasan mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial adalah karena kondisi ekonomi yang buruk membuat seseorang atau kelompok kesulitan untuk mendapat pendidikan, keterampilan, serta uang sebagai modal memulai usaha.

Baca juga: Bentuk Mobilitas Sosial dan Contohnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com