Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Introvert dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 08/09/2023, 03:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Orang dengan kepribadian introvert seringkali dikaitkan dengan anti-sosial yang memiliki sifat pemalu, pemurung dan tidak mudah bergaul. 

Nah, untuk mengetahui tentang kepribadian introvert lebih lanjut, berikut akan dijelaskan pengertian dan ciri-ciri kepribadian introvert: 

Baca juga: ENFJ vs INFJ, Tipe Kepribadian Mana yang Mencerminkan Dirimu?

Pengertian introvert

Carl Jung Gustav merupakan psikolog yang mencetuskan istilah introvert untuk pertama kali pada tahun 1920-an. Menurutnya, individu introvert merupakan seseorang yang cenderung mencari ketenangan dari dalam dirinya sendiri.

Introvert adalah sebuah sifat dan karakter yang cenderung menyendiri, mereka adalah pribadi yang tertutup dan mengesampingkan kehidupan sosial yang terlalu acak.

Berdasarkan definisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa seorang introvert cenderung menarik diri dari sosial, namun bukan berarti mereka pemalu, mereka hanya menghargai dan menikmati waktu sendiri saja. 

Seorang introvert memiliki penyesuaian tergantung dirinya sendiri, di mana ia lebih fokus pada pikiran, suasana hati, dan perasaannya secara internal.

Baca juga: Perbedaan Introvert, Extrovert, dan Ambivert

Ciri-ciri introvert

Selain melalui tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), individu dengan kepribadian introvert dapat dilihat ketika ia berkomunikasi dengan orang lain atau dalam beraktivitas sehari-hari.

Adapun ciri-ciri introvert adalah sebagai berikut:

  • Lebih suka menghabiskan waktu sendiri

Orang dengan kepribadian introvert cenderung lebih suka melakukan hal-hal secara individu atau sendirian, sebab ia akan merasa lelah apabila menghabiskan waktu dengan banyak orang.

Ia akan menghabiskan waktunya sendirian dengan melakukan hal yang ia suka, misalnya membaca, mendengarkan musik, menonton film, dan sebagainya.

  • Menghargai privasi

Seorang introvert memiliki garis batas yang tegas dengan orang sekitar, di mana ia lebih cenderung mengarah pada preferensi untuk menjaga privasi dan menghadapi emosinya sendiri.

Individu introvert merupakan pribadi yang sangat menjaga privasi, karena ia menjaga privasinya sendiri maka ia pun akan menghargai privasi orang lain.

Baca juga: Mengenal Berbagai Tipe Kepribadian dalam Teori Big Five Personality

  • Memiliki lingkar pertemanan yang kecil

Meski lebih suka sendirian, namun bukan berarti seorang introvert merupakan orang yang tidak suka bergaul dan tidak memiliki teman.

Introvert lebih suka pertemanan kecil, ia juga akan memilih teman yang bisa sepemikiran dengannya, selain itu ia juga tipe individu yang sangat menjaga pertemanan.

  • Lebih sadar terhadap diri sendiri

Introvert memiliki proses pemikiran batin yang sangat aktif yang begitu peka, alhasil bisa lebih banyak belajar mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan dirinya sendiri.

Melalui hal tersebut, ia akan introspeksi dirinya dan memperbaiki hal-hal yang menurutnya masih kurang.

Baca juga: Faktor dan Tahap Pembentuk Kepribadian

 

Referensi:

  • Adnan Achiruddin Saleh. 2018. Pengantar Psikologi. Penerbit Aksara Timur: Makassar.
  • Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi. 2011. Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Ghalia Indonesia: Bogor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com