Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ENFJ vs INFJ, Tipe Kepribadian Mana yang Mencerminkan Dirimu?

Kompas.com - 08/03/2022, 20:00 WIB
Jessica Novia,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber Halodoc

KOMPAS.com - Kamu mungkin pernah menemukan di bio media sosial orang lain istilah seperti ENFJ, INFJ, INTP, dan lain-lain.

Istilah itu merupakan kategori kepribadian berdasarkan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator).

MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) merupakan tes kepribadian yang bertujuan untuk mengetahui kepribadian, potensi, dan preferensi seseorang.

Biasanya tes MBTI ini juga dilakukan perusahaan dalam proses rekrutmen seorang karyawan yang akan menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Tes MBTI memiliki validitas yang buruk yang artinya hasil dari tes tersebut tidak akurat.

Dikutip dari Halodoc, berikut pengertian ENFJ dan INFJ: 

Baca juga: Apakah Tes MBTI Akurat untuk Mengukur Kepribadian Seseorang?

Kepribadian ENFJ

ENFJ (Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging) merupakan seseorang yang mempunyai kepribadian sebagai sosok yang ramah, hangat, dan penuh rasa empati.

Seorang ENFJ dapat dibilang sebagai extrovert sejati yang mempunyai karakter yang bermacam-macam seperti senang bersosialisasi, mempunyai rasa empati yang tinggi, memiliki jiwa seorang pemimpin, dan juga sensitif akan hal yang dapat menimbulkan permasalahan.

Karakteristik ENFJ terdiri dari dua jenis yaitu:

  1. ENFJ-A : huruf A adalah singkatan dari assertive yang artinya seseorang dengan kepribadian ini memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan seringkali tidak memiliki empati.
  2. ENFJ-T: huruf T adalah singkatan dari turbulent yang artinya seseorang cenderung perfeksionis tetapi tidak memiliki kepercayaan yang tinggi dan mempunyai empati yang tinggi.

Kepribadian INFJ

INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging) yaitu kepribadian seseorang yang suka memberikan nasihat, suka menolong orang lain, suportif, dan sangat peka.

Kepribadian ini merupakan hal yang langka karena hanya sekitar 2 persen populasi dunia yang memiliki kepribadian ini.

Seorang INFJ mempunyai beberapa karakter yang menonjol seperti seorang idealis yang berpendirian teguh, memiliki rasa empati yang tinggi, suka menolong orang lain, segala rencana yang dibuat sudah pasti terorganisir, dan tertutup yang tidak suka membicarakan tentang dirinya kepada orang lain. 

Dikutip dari buku Cara Menggali Potensi Diri untuk Meraij Kesempatan Kerja (2009) karya Saeful Zaman dan Sandi Ibrahim, karakteristik INFJ terdiri dari:

  1. Memiliki rasa empati yang tinggi
  2. Suka menolong orang lain
  3. Berpikir secara idealis dan berusaha mewujudkannya
  4. Segala tindakannya sangat terorganisir
  5. Memiliki emosional yang tinggi tetapi dapat berpikir secara logis

Baca juga: Seberapa Akurat Tes Kepribadian Populer MBTI Bisa Dipercaya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com