Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Akuntansi Disebut sebagai Bahasa Dunia Usaha?

Kompas.com - 24/08/2023, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber chron

KOMPAS.com - Akuntansi adalah proses pencatatan, pengolahan, dan penyajian informasi keuangan bagi pihak yang membutuhkan.

Oleh beberapa pihak, akuntansi sering disebut sebagai bahasa dunia usaha. Apa maksud akuntansi sebagai bahasa dunia usaha?

Akuntansi sebagai bahasa dunia usaha

Dikutip dari Buku Ajar Pengantar Akuntasn (2018) oleh Sochib, akuntansi sering disebut sebagai bahasa dunia usaha yang berarti akuntansi merupakan alat penyampaian informasi.

Adapun yang dimaksud informasi ini mencakup laporan keuangan atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan upaya pencarian keuntungan.

Maksudnya, akuntansi sebagai bahasa dunia usaha, berarti akuntansi digunakan untuk menyampaikan informasi ekonomi atau keuangan.

Akuntansi sering disebut sebagai bahasa dunia usaha karena akuntansi memiliki peranan yang sangat penting untuk kemajuan perusahaan.

Baca juga: Maksud dari Akuntansi sebagai Bahasa Bisnis

Dilansir dari situs Chron, sebagai bahasa dunia usaha, akuntansi terdiri dari sejumlah prosedur atau istilah bisnis yang hanya diketahui oleh beberapa pihak.

Misal, laporan keuangan perusahaan hanya bisa dipahami oleh pemilik, investor, karyawan, manajer, hingga pemerintah.

Maksud akuntansi sebagai bahasa dunia usaha adalah akuntansi memuat data dan informasi terkait bisnis dan keuangan.

Berkaitan dengan hal itu, para pemakai informasi akuntansi akan mengambil informasi historis dan memasukkannya ke dalam format yang terorganisasi.

Mengapa? Karena informasi akuntansi itu akan digunakan dalam proses pengambilan keputusan perusahaan, investor, maupun pihak lainnya.

Baca juga: Sistem Informasi Akuntansi: Pengertian dan Contohnya

Akuntansi seharusnya juga dianggap sebagai bahasa yang universal, di mana berbagai pihak seharusnya juga bisa memahami dan melakukan interpretasi atasnya.

Jika disimpulkan, akuntansi sering disebut sebagai bahasa dunia usaha karena akuntansi merupakan alat penyampaian informasi keuangan untuk pihak yang membutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com