Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maksud dari Akuntansi sebagai Bahasa Bisnis

Kompas.com - 02/08/2022, 08:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Akuntansi merupakan proses pencatatan, penggolongan, pengolahan, pelaporan, dan penyajian transaksi keuangan.

Beberapa pihak sering menyebut akuntansi sebagai bahasa bisnis. Karena akuntansi dipandang penting untuk memajukan bisnis atau perusahaan.

Tahukah kamu apa maksud dari akuntansi sebagai bahasa bisnis?

Akuntansi sebagai bahasa bisnis

Menurut Hery dalam buku Akuntansi dan Rahasia Di Baliknya untuk Para Manajer Non-Akuntansi (2012), sebagai bahasa bisnis, akuntansi dipakai untuk mengomunikasikan informasi kepada stakeholders atau pemangku kepentingan.

Lewat bahasa ini, para stakeholders dapat memperoleh gambaran mengenai kondisi keuangan dan kinerja perusahaan.

Terangkan bahwa akuntansi merupakan bahasa bisnis

Akuntansi merupakan bahasa bisnis karena digunakan untuk mengomunikasikan kondisi keuangan perusahaan kepada para stakeholders dan pengambil keputusan.

Baca juga: Proses Akuntansi Secara Garis Besar

Dikutip dari buku Teori Akuntansi: Pendekatan Konsep dan Analisis (2017) karya Hery, sebagai bahasa bisnis, akuntansi juga memiliki simbol, istilah, dan kata yang terkadang hanya bisa dipahami oleh mereka yang mempelajarinya.

Sebagai contoh istilah debit dan kredit, akun (perkiraan), jurnal penutup, buku besar, jurnal pembalik, neraca saldo, jurnal umum, kertas kerja, dan sebagainya.

Akuntansi sebagai bahasa bisnis juga memiliki aturan atau ketentuan yang harus diikuti, agar stakeholders mampu memahami informasi yang disampaikan.

Misalnya ketentuan soal persamaan dasar akuntansi, saldo normal, proses penyesuaian, mekanisme pembuatan jurnal penutup, pengakuan pendapatan serta beban, pengakuan bunga, dan lain-lain.

Kesimpulannya, akuntansi merupakan bahasa bisnis yang di dalamnya juga berisi simbol, istilah, kata, prosedur, dan ketentuan yang hanya dapat dipahami oleh mereka yang mempelajarinya.

Baca juga: Kegunaan dari Akuntansi dalam Dunia Usaha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com