Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kuda Laut Mamalia?

Kompas.com - 29/07/2022, 14:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comKuda laut adalah hewan laut berukuran kecil di mana jantan hamil keturunannya. Apakah kuda laut termasuk mamalia? Jawabannya adalah tidak, kuda laut bukan mamalia.

Kuda laut disalahpahami sebagai mamalia karena proses reproduksinya. Di mana betina menyimpan ratusan telurnya dalam perut jantan untuk kemudian dibuahi dan dibesarkan.

Telur tersebut menetas menjadi dan membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga minggu di dalam perut jantan sebelum dikeluarkan.

Dilansir dari Live Science, dalam kantong kuda laut terdapat gen yang dapat menjaga bayi untuk tumbuh sehat. Adapun, gen yang serupa ditemukan dalam rahim mamalia juga reptilia.

Baca juga: Hewan Mamalia yang Menggunakan Sirip untuk Berenang

Telur kuda laut kemudian menetas dan berkembang menjadi anak yang kecil. Itulah mengapa kuda laut sering disalahpahami sebagai mamalia.

Kuda laut adalah keluarga Pisces

Kuda laut termasuk ke dalam genus Hippocampus yang merupakan kelompok hewan Pisces. Artinya, kuda laut bukanlah mamalia melainkan ikan.

Dilansir dari Microscopy-UK, kuda laut tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki sisik.

Sebagai gantinya, mereka memiliki pelat tulang berbentuk persegi panjang yang tersusun sedemikian rupa dan menutupi tubuhnya.

Kuda laut adalah ikan yang unik karena memiliki kepala seperti kuda, moncong yang panjang dan tipis, juga bagian bawah tubuh serupa ekor yang panjang dan melengkung.

Baca juga: Penggolongan Ikan berdasarkan Ekologinya

Kuda laut memiliki mata besar yang berada di sisi kanan dan kiri kepalanya.

Mata yang besar memberikan pengelihatan yang baik. Adapun, posisi mata mereka juga memberikan sudut pandang luas.

Mata kuda laut dapat melihat ke depan, samping, dan juga belakang dalam satu waktu.

Tidak seperti kuda yang hidup di darat, kuda laut memiliki ukuran tubuh yang kecil.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica,kuda laut memiliki panjang sekitar dua hingg 35 sentimeter. Namun, ada beberapa spesies yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran tersebut.

Kuda laut biasanya ditemukan di perairan pantai dangkal dengan iklim tropis dan sedang.

Habitat kuda laut dapat berupa hutan bakau, padang lamu, terumbu karang, dan juga tempat bertemunya sungai dan laut (muara).

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com