Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Contoh Pernyataan Umum dalam Teks Eksplanasi

Kompas.com - 23/08/2023, 21:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Pernyataan umum merupakan salah satu struktur dari teks eksplanasi. Umumnya, pernyataan umum berisikan informasi singkat mengenai fenomena atau peristiwa yang akan dibahas. 

Berikut tujuh contoh pernyataan umum dalam teks eksplanasi, yaitu: 

  • Contoh 1

Kemarau

Musim kemarau dapat dikatakan identik dengan musim kering dan kelangkaan air. Negara Indonesia di sisi lain mempunyai dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Musim kemarau merupakan musim yang terjadi antara bulan April hingga Oktober. Kemarau tahun ini terpantau lebih kering daripada tahun-tahun sebelumnya akibat adanya fenomena El-Nino.

Situasi itu juga meningkatkan risiko kebakaran hutan dan lahan, kelangkaan sumber air, serta memperparah polusi udara di sejumlah kota besar.

Beberapa wilayah terpantau mengalami kekeringan yang parah, padahal musim kemarau belum mencapai puncaknya. Namun kekeringan telah melanda sejumlah wilayah sejak bulan Juni.

  • Contoh 2

Tradisi Bakar Batu

Masyarakat Papua ketika menyambut datangnya perayaan Natal selalu melaksanakan tradisi unik bakar batu. Tradisi tersebut merupakan acara memasak yang dilakukan bersama-sama dengan memakai kayu bakar, lalu ditutupi dengan bebatuan.

Baca juga: 8 Ciri Teks Eksplanasi

  • Contoh 3

Kesenian Zapin Meskom

Zapin adalah suatu pertunjukan yang terkenal di kalangan masyarakat daerah Meskom, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Zapin dipentaskan di dalam acara adat dan pengisi waktu senggang. Zapin dianggap sebagai kesenian yang menghibur.

Tarian tersebut dikenal sebagai suatu kesenian yang muncul dalam wujud gerak tari dengan iringan musik yang bernafaskan Islam. Nuansa Islami itu bisa dipahami dan ditelusuri berdasarkan dua hal, yaitu makna dan isi syair. Syair lagu Zapin mengandung petuah, nasihat, dan ajaran.

  • Contoh 4

Kekeringan

Kekeringan merupakan kondisi kekurangan persediaan air di suatu wilayah dengan jangka waktu yang berkepanjangan (beberapa bulan sampai bertahun-tahun). Kondisi tersebut seringkali muncul jika suatu daerah mengalami curah hujan di bawah rata-rata secara berkelanjutan. Salah satu contohnya adalah di Desa Wonorejo.

Ratusan warga yang berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur antre pembagian air minum yang diberikan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, Rabu (26/9/2012) siang. Warga di desa itu mengalami kekeringan dan krisis pasokan air bersih sejak Juli lalu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com