Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Kompas.com - 08/12/2022, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Teks eksplanasi adalah teks yang memuat penjelasan proses terjadinya sebuah peristiwa alam, sosial, maupun budaya.

Jenis teks ini dirangkai secara kronologis, sehingga menyajikan hubungan sebab akibat atau hubungan kausalitas.

Pengertian teks eksplanasi

Menurut Taufiqur Rahman dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018), teks eksplanasi adalah karangan yang menjelaskan proses terjadinya fenomena.

Berdasarkan teks ini, sebuah fenomena terjadi karena ada peristiwa lain yang menjadi penyebabnya, dan begitu pula seterusnya.

Adapun fenomena yang bisa dibahas dalam teks ini, antara lain peristiwa budaya, fenomena alam, sosial, dan sebagainya.

Baca juga: Langkah-langkah Menulis Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi

Dilansir dari buku Pembelajaran Menulis Teks Suatu Pendekatan Kognitif (2022) oleh Dina Ramadhanti dan Diyan Permata Yanda, struktur teks eksplanasi adalah:

  • Pernyataan umum 

Adalah struktur teks eksplanasi yang paling pertama. Berfungsi sebagai pengantar topik atau memberi gambaran umum kepada pembaca.

Biasanya bagian ini berisi penjelasan umum tentang apa yang akan dibahas dalam teks eksplanasi. Contohnya tentang gempa bumi atau fenomena banjir.

  • Deretan penjelas

Struktur ini memuat penjelasan mengenai bagaimana dan mengapa suatu fenomena bisa terjadi, beserta solusi atau pemecahannya.

Dalam struktur ini, umumnya kaidah kebahasaan yang digunakan adalah konjungsi sebab akibat, konjungsi perbandingan, dan kata penanda urutan.

Baca juga: Unsur Pembentuk Teks Eksplanasi

  • Interpretasi

Struktur teks eksplanasi ini berisi penafsiran penulis mengenai fenomena atau permasalahan yang dibahas dalam teks.

Interpretasi juga merupakan bagian penutup teks eksplanasi. Pada bagian paling akhir, penulis bisa menyertakan kesimpulannya mengenai keseluruhan isi teks.

Meski begitu, kesimpulan tidak wajib ada dalam sebuah teks eksplanasi. Dengan demikian, penulis bisa menyusun kesimpulan, boleh juga tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com