Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-Jenis Preservasi Arsip

Kompas.com - 03/05/2023, 06:15 WIB
Anggita Sukmawati,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Prservasi arsip adalah upaya penyelamatan arsip yang dilaksanakan dalam rangka menjamin keselamatan dan kelestarian arsip statis.

Secara alami, keberadaan media arsip akan mengalami proses pelapukan jika disimpan dalam jangka waktu lama.

Kertas sebagai salah satu media perekam informasi arsip merupakan bahan organik yang dapat terurai seiring dengan berjalannya waktu.

Oleh karena itu, dalam rangka menjamin keselamatan arsip pada lembaga kearsipan dari berbagai faktor perusak arsip, baik yang bersumber dari faktor internal maupun eksternal diperlukan tindakan preservasi.

Baca juga: Macam-Macam Sistem Penyimpanan Arsip

Preservasi arsip secara garis besar terdiri dari tiga jenis, yaitu:

Pemeliharaan arsip dilakukan dengan melakukan kegiatan penyimpanan arsip sesuai dengan standar penyimpanan arsip, baik peralatan, kondisi ruang penyimpanan, maupun suhu dan kelembaban ruang penyimpanan.

Kegiatan perawatan dan perbaikan arsip yang mengalami kerusakan sebagai akibat pemeliharaan yang tidak baik, bencana atau salah penggunaannya.

Yang termasuk kegiatan reproduksi adalah fotokopi, pembuatan foto, microfilm, compact disel (CD), video compact (VCD), digital video disel (DVD), hasil seanning, dan semua jenis kegiatan berkaitan dengan proses penggandaan arsip.

Reproduksi arsip bertujuan untuk melestarikan informasi yang terkandung dalam suatu media arsip.

Baca juga: Faktor-Faktor yang Merusak Arsip

Untuk pencapaian tujuan preservasi perlu didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana preservasi antara lain:

    1. Tersedianya Gedung dan ruang penyimpanan arsip yang representative
    2. Tersedianya pedoman dan standar preservasi
    3. Tersedianya laboratorium
    4. Tersedianya peralatan dan alih media
    5. Tersedianya rak arsip, lemari arsip, AC, thermometer, hygrometer, termohigrometer, troli, leaf caster, rewinder, video tape cleaner, pembersih film, telecine dan stein.

 

Referensi:

  • Rosalin, Sovia. 2017. Manajemen Arsip Dinamis. Malang; UB Press.
  • Sari, Indah Novita, Widiatmoko Adi Putranto. 2022. Perlindungan Arsip Vital dan Penanganan Arsip Pascabencana. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com