Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Proyek Konstruksi

Kompas.com - 14/04/2023, 05:45 WIB
Anggita Sukmawati,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Bangunan merupakan wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi. Banyak masyarakat mengartikan bangunan adalah rumah, gedung, jembatan atau sarana prasarana lainnya.

Pekerjaan proyek bangunan atau konstruksi memiliki ruang lingkup yaitu, wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatu dengan tempat kedudukan baik yang ada di atas, di bawah tanah atau di air.

Jenis-jenis proyek konstruksi terbagi menjadi empat, yaitu:

Baca juga: Pengertian Pengawasan Pekerjaan Konstruksi dan Tugasnya

Berikut penjelasannya:

Residental construction

Proyek konstruksi bangunan perumahan atau pemukiman (residential construction) mencakup proyek pembangunan tempat tinggal seperti rumah, perumahan, villa, ataupun apartemen.

Kegiatan pembangunan jenis ini dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu secara pribadi maupun massal.

Namun biasanya, khusus untuk proyek perumahan dilakukan secara massal atau serempak dengan penyediaan sarana penunjang.

Dalam pengerjaan proyek bangunan perumahan diperlukan perencanaan yang matang karena menyangkut fasilitas dan jaringan insfrastruktur, seperti jalan, air bersih, listrik dan sarana-sarana lainnya.

Building construction

Proyek konstruksi bangunan gedung (building construction) merupakan tipe pekerjaan atau proyek yang banyak dilakukan.

Karena tipe proyek seperti ini menekankan pada pertimbangan kostruksi, pertimbangan pada teknologi yang praktis dan pertimbangan pada peraturan bangunan setempat.

Baca juga: Seni Patung Konstruksi: Pengertian dan Cara Membuatnya 

Heavy engineering construction

Proyek konstruksi teknik sipil (heavy engineering construction), pemilik proyek biasanya pemerintah, baik pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

Pada pengerjaan proyek ini elemen desain, keuangan dan pertimbangan hukum tetap menjadi pertimbangan penting walaupun proyek ini lebih bersifat tidak mengambil keuntungan yang banyak dan mengutamakan pelayanan masyarakat.

Proyek ini merupakan proses penambahan infrastruktur pada lingkungan terbangun (built environment).

Beberapa jenis pekerjaan proyek konstruksi teknik sipil antara lain yaitu proyek pembangkit listrik, proyek jalan raya, proyek jalan kereta api, proyek bendungan, dan proyek pertambangan.

Industrial constraction

Proyek konstruksi bangunan industri (industrial constraction) membutuhkan keahlian khusus di bidang perencanaannya, terutama menyangkut desain dan konstruksinya.

Proyek ini merupakan bagian yang relatif kecil dari industri konstruksi, tetapi merupakan komponen yang penting dalam pembangunan bangunan industri.

Pemilik proyek ini biasanya suatu perusahaan atau indusri yang besar, seperti perusahaan minyak, perusahaan farmasi, dan perusahaan kimia.

 

Referensi:

  • Wismantoro, Bayu Dwi. 2022. Manajemen Konstruksi Profesional. Yogyakarta: CV Budi Utama
  • Hosaini, Hartoto, dkk. 2021. Manajemen Proyek. Bandung: CV Widina Media Utama
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com