Kompas.com - 16/08/2022, 19:00 WIB

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Seni patung di Indonesia sudah berkembang pesat sejak lama di berbagai daerah. Patung merupakan benda tiga dimensi yang memiliki tinggi, panjang, dan lebar.

Terdapat beragam jenis seni patung, salah satunya seni patung konstruksi. Seni patung konstruksi adalah seni membuat patung dengan cara menyusun bahan, baik dengan kerangka atau tanpa kerangka. 

Seni patung konstruksi umumnya menggunakan teknik menyusun. Menyusun yaitu teknik membentuk dengan menggunakan bahan berupa aneka bahan alam, bahan buatan, bahan limbah, dan lainnya. 

Contohnya bahan yang berbentuk balok, lembaran, bahan jadi, bahan setengah jadi, serta potongan bahan limbah. 

Baca juga: Patung: Pengertian, Jenis, Bahan, dan Teknik Membuatnya

Dari bahan-bahan tersebut, proses pembuatan dilakukan dengan menyusun atau mengkonstruksi dan memanipulasi bahan yang dipilih menjadi kreasi bentuk patung. Misalnya model publik figur, robot-robotan, kendaraan, abstrak, hewan, dan masih banyak lainnya. 

Patung konstruksi yang dibuat dari bagian-bagian bahan dapat digabungkan dengan cara dilem, dipaku, dilas, dan lain sebagainya sesuai jenis dan bahan yang digunakan. 

Cara membuat patung konstruksi 

Ilustrasi membuat konstruksi roket dari kartonayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/Maria Adventina Sunardiyah Ilustrasi membuat konstruksi roket dari karton

Berikut salah satu contoh membuat patung konstruksi: 

  • Siapkan alat dan bahan, seperti kertas karton, rol bekas tisu gulung, lem, perekat, gunting, penggaris, gunting, dan cat air.
  • Potong kertas karton dengan ukuran 10 cm × 10 cm. Dirikan rol tisu di tengah kertas. Untuk memperkuat, gunakan lem kertas untuk merekatkan rol tisu dengan kertas karton. Untuk sekeliling roll gunakan perekat agar nanti bisa diwarnai dengan cat air. 
  • Potong kertas karton lainnya berbentuk kerucut. Gunakan perekat kertas kembali untuk merekatkan kerucut dan merekatkan kerucut dengan rol tisu.
  • Potong karton kardus yang lebih tebal berbentuk segitiga siku-siku sebanyak tiga buah. Gunakan penggaris untuk membuat segitiga agar memiliki ukuran yang sama. 
  • Rekatkan segitiga di sekeliling rol sehingga terlihat seperti kaki roket. Rekatkan dengan perekat kertas. 
  • Terakhir, warnai roket sesuai dengan keinginan. 

Baca juga: Patung Deformatif: Pengertian dan Contohnya

Contoh patung konstruksi bersejarah

Penampakan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) dari udara usai diresmikan di Kuta Selatan, Bali, Minggu (25/09/2018). Patung setinggi 121 meter dengan lebar 64 meter tersebut resmi diresmikan dan menjadi patung tertinggi ketiga di dunia.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOB Penampakan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) dari udara usai diresmikan di Kuta Selatan, Bali, Minggu (25/09/2018). Patung setinggi 121 meter dengan lebar 64 meter tersebut resmi diresmikan dan menjadi patung tertinggi ketiga di dunia.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.