Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Nilai Religius, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 28/03/2023, 21:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Kehadiran nilai spiritual atau religius merupakan hal yang sangat penting dalam hidup manusia. Bahkan dalam konstitusi Pancasila, tepatnya pada sila pertama, terdapat keterkaitan dengan nilai religius.

Secara umum, nilai religius adalah nilai yang berkaitan dengan kehidupan keagamaan, dan memiliki sifat suci serta dapat dijadikan panduan untuk perilaku individu dalam konteks agama yang dianut.

Baca juga: Implementasi Nilai Religius Pancasila dalam Praktik Penyelenggaraan Pemerintah

Jenis nilai religius

Nilai religius atau nilai kerohanian dibagi menjadi beberapa jenis. Di bawah ini merupakan beberapa jenis yang ada di dalam nilai religius atau nilai kerohanian.

Berikut beberapa jenis nilai religius, yaitu:

  • Nilai kebenaran

Nilai kebenaran merupakan suatu nilai yang berasal dari akal manusia. Sebagai contohnya adalah terkait dengan sesuatu yang dianggap benar maupun salah karena akal manusia memiliki kemampuan untuk membedakan yang benar dan yang salah.

  • Nilai keindahan

Berikutnya, ada nilai keindahan yang dapat diartikan sebagai suatu nilai yang berasal dari perasaan manusia. Contohnya adalah daya tarik yang ada pada sebuah benar adalah suatu yang akan dihargai pada benda tersebut.

  • Nilai moral

Nilai moral adalah sebuah nilai yang berasal dari unsur kehendak manusia. Nilai moral juga memiliki hubungan erat dengan perilaku manusia terhadap penilaian yang nantinya akan dianggap baik atau buruk, mulia atau hina menurut tatanan yang ada di dalam kelompok sosial tersebut.

  • Nilai keagamaan

Nilai keagamaan adalah sebuah nilai yang bersumber dari kitab suci. Dimana nantinya nilai ini juga berhubungan dengan interaksi manusia terhadap sang pencipta atau Tuhan serta interaksi antar manusia dan sesamanya.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Magis Religius?

Contoh nilai religius di kehidupan sehari-hari

Kehidupan manusia yang beradab juga dapat ditentukan oleh keberadaan nilai religius serta penerapan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa contoh nilai religius yang ada di dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  • Menjalankan ibadah sholat

Di mana kegiatan ini sudah menjadi suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat islam. Sebab, sholat juga memiliki peranan yang begitu penting dalam kehidupan umat Islam.

  • Mengaji

Kegiatan ini juga menjadi salah satu kewajiban bagi umat islam agar bisa lebih memahami apa saja isi yang ada di dalam Al-Quran serta dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga akan menjadikan umat Islam menjadi lebih baik lagi.

  • Pergi ke gereja

Bagi umat Kristen maupun Katolik pergi ke gereja adalah suatu kegiatan yang wajib untuk dilakukan. Gereja adalah tempat suci yang biasa digunakan untuk keperluan berdoa bagi umat Kristen maupun Katolik.

  • Pergi ke pura

Bagi umat Hindu menjalankan ibadah di pura adalah suatu kewajiban yang perlu dilakukan agar prosesi beribadah dan berdoa bisa berjalan lebih baik.

Baca juga: Akibat Melanggar Norma yang Berlaku di Masyarakat

  • Pergi ke vihara

Bagi umat Budha beribadah di vihara memang sangat penting agar bisa melakukan proses berdoa dengan cukup hikmat serta lebih baik.

  • Saling menghormati antarsesama umat beragama

Saling menghormati antarsesama umat untuk menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaannya masing-masing adalah suatu hal yang begitu penting untuk bisa dijaga agar masing-masing pemeluk agama bisa berdoa dengan baik serta menjalankan perintah agamanya masing-masing.

  • Sikap jujur

Kejujuran juga begitu penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini perlu dilakukan agar kehidupan manusia bisa berjalan dengan lebih baik.

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com