Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Norma Kesusilaan dan Contoh Sikapnya

Kompas.com - 21/06/2022, 20:30 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Norma merupakan sesuatu yang sudah pasti digunakan untuk membandingkan sesuatu yang lain. Norma menjadi suatu aturan, standar, atau ukuran yang dengan itu kita bisa mengukur kebaikan atau keburukan suatu perbuatan. 

Norma yang bersumber dari hati nurani manusia adalah norma kesusilaan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, susila memiliki arti baik budi bahasanya, beradab, sopan. 

Dapat diartikan juga sebagai adat istiadat yang baik, sopan santun, kesopanan, keadaban, dan kesusilaan. 

Dilansir dari buku Kamus Sosiologi (2012) oleh Agung Tri Haryanta dan Eko Sujatmiko, norma kesusilaan berasal dari kebiasaan yang dibuat manusia sebagai anggota masyarakat, misalnya sopan santun. 

Norma kesusilaan cukup kuat dalam masyarakat, di mana satu pihak memilikikekuatan memaksa atau melarang atas suatu perbuatan para anggotanya. 

Baca juga: 4 Macam Norma dalam Masyarakat

Norma kesusilaan merupakan aturan hidup tentang tingkah laku yang baik dan buruk, berupa suara hati yang berasal dari hati nurani manusia. 

Berdasarkan kodrat kemanusiaannya, hati nurani setiap manusia menyimpan potensi nilai-nilai kesusilaan. Karena potensi nilai-nilai kesusilaan itu tersimpan pada hati nurani setiap manusia, maka hati nurani manusia dapat disebut sebagai sumber norma kesusilaan. 

Tata susila mendorong untuk berbuat baik, karena hati kecilnya menganggap baik, atau bersumber dari hati nuraninya, lepas dari hubungan dan pengaruh orang lain. 

Norma kesusilaan sering dikaitkan dengan norma agama, karena nilai-nilai keagamaan dan kesusilaan bersumber pada hal yang sama, yaitu Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Sehingga nilai-nilai kesusilaan bersifat universal. Artinya bebas dari dimensi ruang dan waktu, berlaku di mana pun dan kapan pun. 

Contoh sikap norma kesusilaan 

Dikutip dari buku Pengantar Ringkas Sosiologi: Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial (2020) oleh Elly M, beberapa contoh sikap norma kesusilaan, yaitu: 

  • Saling menghormati sesama manusia 
  • Enggak mengganggu dan menghormati ruang orang lain 
  • Meminta maaf jika membuat kesalahan 
  • Membantu orang lain yang membutuhkan 
  • Jujur dalam perkataan dan perbuatan
  • Meminta maaf jika berbuat salah 
  • Tidak menyontek ketika ujian di sekolah 
  • Tidak mengambil yang bukan haknya
  • Mengatakan hal-hal yang baik dan menggunakan bahasa sopan 
  • Tidak membedakan perbuatan baik kepada siapa saja
  • Tidak memotong pembicaraan orang lain
  • Tidak memotong pembicaraan orang lain 

Baca juga: Alasan Norma Diperlukan dalam Masyarakat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com