Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai dan Norma: Jenis-jenis serta Perannya

Kompas.com - 03/08/2022, 15:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Nilai dapat dilihat sebagai sesuatu yang absolut, hadir dalam diri manusia, dan identik dengan perilakunya. 

Sementara norma dapat dilihat sebagai kumpulan perilaku verbal dan nonverbal. Norma merupakan aturan atau cara yang diterapkan masyarakat agar sesuai dengan nilai yang dianut oleh masyarakat setempat. 

Sebagai contoh, norma berpakaian atau etika berpakaian akan sama dengan tata cara berpakaian. 

Seorang individu harus menyesuaikan dengan nilai yang dianut masyarakat dalam berpakaian. 

Norma diturunkan dari nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat. Masyarakat akan membutuhkan norma untuk memelihara tatanan sosial yang stabil.

Norma dapat berubah-ubah seiring berjalannya waktu, misalnya dahulu wanita memakai celana dianggap melanggar norma tetapi saat ini menjadi hal yang biasa. 

Baca juga: Perbedaan Norma Hukum dan Norma Sosial Lainnya

Jenis-jenis nilai 

Jenis-jenis nilai berkembang menjadi beraneka ragam, tergantung pada kategori penggolongannya. Notonagoro membagi nilai menjadi tiga macam, yaitu: 

  • Nilai material adalah segala hal yang bermanfaat bagi jasmani manusia, seperti makanan dan pakaian.
  • Nilai vital merupakan segala hal yang bisa digunakan manusia untuk melakukan kegiatan atau aktivitas, misalnya jaring untuk nelayan, payung ketika musim hujan, dan lain sebagainya.
  • Nilai kerohanian, segala sesuatu yang bermanfaat bagi rohani manusia, meliputi:
    1. Nilai kebenaran, bersumber dari unsur akal manusia. Contoh nilai kebenaran yaitu hakim yang bertugas memberi putusan pengadilan.
    2. Nilai keindahan, berasal dari perasaan dan estetis manusia. Contoh mengoleksi prangko, menanam tanaman hias, dan membeli lukisan.
    3. Nilai kebaikan atau moral, berasal dari kehendak atau kemauan manusia. Contohnya tidak memotong pembicaraan orang lain, meminjamkan pulpen kepada teman yang lupa membawa alat tulis.
    4. Nilai religius merupakan nilai ketuhanan yang tertinggi dan mutlak. Contohnya, beribadah tepat waktu, menjalankan perintah yang diajarkan dalam agama yang dianut.

Jenis-jenis norma

Beberapa jenis norma yaitu: 

  • Norma agama

Norma agama atau religi memuat aturan yang menata kehidupan manusia yang bersumber dari Tuhan.

Norma agama terdiri dari sekumpulan perintah dan larangan manusia untuk berlaku, yang oleh pemeluknya diyakini kebenaran dan konsekuensinya. 

Norma tersebut tidak hanya mengatur hubungan vertikal, antara manusia dan Tuhan (ibadah), tetapi juga hubungan horizontal, yakni hubungan sesama manusia.

Baca juga: Pengertian Norma Kesusilaan dan Contoh Sikapnya

  • Norma kesusilaan

Norma kesusilaan berasal dari hati nurani yang dipraktikkan secara berulang dan menjadi kebiasaan. Norma kesusilaan merupakan susunan dari aturan-aturan hidup tentang cara manusia bertingkah laku dalam kehidupan. 

Pelanggaran terhadap norma kesusilaan seringkali dianggap sebagai pelanggaran terhadap ajaran agama.

Contohnya membentak atau melawan orang tua dinilai sebagai tindakan yang melanggar kesusilaan dalam berbagai agama. Pelanggaran terhadap norma kesusilaan artinya mengingkari hati nuraninya sendiri.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com