Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aqueous Humor: Pengertian dan Fungsinya

Kompas.com - 14/03/2023, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Mata terbentuk dari beberapa bagian, salah satunya adalah aqueous humor. Apa yang dimaksud dengan aqueous humor dan apa fungsi aqueous humor? Berikut adalah pengertian dan fungsi aqueous humor!

Pengertian aqueous humor

Aqueous humor adalah cairan bening di dalam bola mata yang diproduksi oleh badan siliari secara terus-menerus.

Dilansir dari All About Vision, aqueous humor terletak di ruang anterior (antara kornea dan iris) juga di ruang posterior (anatara iris dan bagian depan lensa).

Baca juga: Mengenal Bagian-bagian Mata Manusia

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, komposisi aqueous humor menyerupai plasma darah namun dengan lebih sedikit protein dan glukosa serta lebih banyak asam laktat dan asam askorbat.

Pada dasarnya, bahan baku pembuatan aqueous humor adalah darah. Sehingga, tidak aneh jika komposisi  Menyerupai plasma darah.

Fungsi aqueous humor

Apakah fungsi aqueous humor? Fungsi aqueous humor adalah:

  • Memberikan nutrisi
  • Mempertahankan bentuk mata
  • Mengangkut limbah

Baca juga: Bagian Mata dan Fungsinya

Memberikan nutrisi

Menurut Manik Goel, dkk dalam Aqueous Humor Dynamics: A Review (2010), lensa dan kornea mata harus tetap bening dan jernih untuk memungkinkan transmisi cahaya, sehingga tidak mendapatkan suplai darah langsung dari pembuluh darah yang dapat membuatnya menjadi merah.

Namun, keduanya tetap memerlukan nutrisi. Sehingga, aqueous humor berperan menggantikan darah dalam menyuplai nutrisi pada lensa dan kornea. Selain nutrisi, aqueous humor juga menyuplai oksigen pada lensa dan kornea.

Mempertahankan bentuk mata

Aqueous humor memberikan tekanan internal dari dalam mata.

Dilansir dari Medicine LibreTexts, hal tersebut membuat aqueous humor dapat mempertahankan bentuk cembung kornea dan juga bentuk seluruh mata.

Baca juga: Mengenal 5 Lapisan Kornea Mata

Artinya, bentuk bola mata yang bulat dikarenakan tekanan internal dari aqueous humor.

Selain memberikan tekanan, aqueous humor juga menjaga keseimbangan tekanan tersebut agar tidak menimbulkan masalah pada mata.

Mengangkut limbah

Selain memberikan nutrisi (membawa masuk zat), fungsi aqueous humor adalah mengangkut limbah sisa metaboslime.

Artinya, aqueous humor membentu mengeluarkan zat limbah dari mata. Limbah diangkut saat aqueous humor meninggalkan ruang anterios melalui sudut drainase dan memasuki pembuluh darah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com