Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Setelah Menangis Mata Bengkak?

Kompas.com - 21/08/2021, 10:50 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam momen tertentu, manusia terkadang menangis. Ketika merasa sedih, terharu, bahkan bahagia sekalipun, manusia bisa menangis. Hal ini wajar terjadi dan tentunya pernah dialami hampir setiap manusia.

Disadari atau tidak, menangis bisa menyebabkan mata bengkak. Dalam dunia medis, kulit sekitar mata yang tampak atau mengalami bengkak disebut periorbital edema. Penyebabnya bermacam-macam, namun pada umumnya disebabkan oleh retensi cairan.

Kenapa mata bengkak setelah menangis?

Melansir dari situs Medical News Today, ada tiga jenis cairan air mata yang diproduksi tubuh. Pertama, air mata basal yang melumasi dan melindungi bagian depan mata. Kedua, air mata refleks berfungsi menghilangkan iritasi. Ketiga, air mata emosional yang dipengaruhi perasaan atau emosi seseorang.

Ketika menangis, manusia cenderung mengeluarkan air mata emosional dalam jumlah banyak dari mata serta hidung. Ketika tubuh bekerja untuk menyerap kembali cairan tersebut, ada beberapa yang bertahan di jaringan di bawah mata. Akibatnya mata membengkak.

Baca juga: Apakah di Antartika ada Tanaman?

Sistem lakrimal yang kewalahan

Dikutip dari situs Discovery, air mata yang dikeluarkan manusia diproduksi oleh sistem lakrimal. Ketika banyak mengeluarkan air mata, sistem lakrimal kewalahan. Karena air mata yang biasanya diserap oleh hidung, kembali lagi dikeluarkan dari mata.

Saat sistem lakrimal kewalahan, disinilah proses pembengkakan mata terjadi. Proses osmosis yang digunakan untuk menyeimbangkan kandungan garam di kedua mata ketika menangis terlalu lama, menyebabkan mata membengkak.

Kondisi mata bengkak akan semakin parah jika digosok sewaktu masih menangis. Selain sistem lakrimal, pelebaran pembuluh darah juga dapat membuat mata bengkak. Apabila produksi air mata sangat banyak, pembuluh darah di area mata otomatis melebar untuk meningkatkan aliran darah ke sekitar mata.

Cara mengurangi mata bengkak

Walau hingga saat ini tidak ada cara pasti untuk mengurangi bengkak pada mata seusai menangis, setidaknya ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar bengkak pada area sekitar mata berkurang. Berikut caranya:

  1. Kompres dingin
    Gunakan kompres dingin di area mata untuk meminimalisasi dampak peradangan serta pembengkakan, dan mengurangi aliran darah.
  2. Menggunakan mentimun
    Mentimun yang diiris dan ditempelkan ke mata ternyata dapat mengurangi bengkak. Karena kandungan airnya tinggi, timun dapat menghidrasi kulit serta mengurangi pembengkakan, mirip seperti kompres dingin.
  3. Menggunakan teh celup
    Teh celup membantu mengurangi pembengkakan karena menyempitkan pembuluh darah. Cara kompresnya adalah dengan mencelupkan dua kantong teh ke dalam air es dan tekan kulit bagian bawah mata selama beberapa menit.
  4. Kompres sendok
    Gunakan kompres sendok yang sebelumnya telah didinginkan di kulkas selama 10 hingga 20 menit. Pastikan sendok yang akan digunakan dalam kondisi bersih. Setelah dingin, tempelkan dan tekan sendok dengan lembut di bagian bawah mata.

Baca juga: Tahukah Kamu, Kereta Maglev Berjalan Menggunakan Gaya Magnet?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com