Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zona del Silencio, Zona Senyap Tanpa Sinyal di Meksiko

Kompas.com - 07/08/2021, 13:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meksiko memiliki sebuah gurun yang selalu sunyi senyap. Hanya ada sedikit kehidupan di tengah gurun tandus ini. Bahkan, sinyal gawai pun tidak berfungsi sama sekali. Kawasan ini dikenal dengan nama Zona del Silencio, yang berarti zona diam atau zona senyap.

Gurun tandus ini berlokasi di Meksiko bagian utara. Tepatnya di dalam negara bagian Durango, Chihuahua, serta Coahuila. Lokasi gurun ini cukup dekat dengan Kota Mapimi yang juga dikenal dengan nama Mapimi Silent Zone.

Beberapa insiden misterius

Zona del Silencio masuk dalam jajaran tempat misterius di dunia, selain Bermuda Triangle atau Segitiga Bermuda. Bagaimana tidak? Kawasan ini disebut-sebut tidak bisa ditembus sinyal. Bahkan jarum kompas pun seakan tidak berfungsi.

Dikutip dari situs IB Times India, insiden misterius pertama di Zona del Silencio terjadi sekitar tahun 1930-an. Seorang pilot bernama Francisco Sarabia sedang terbang dan menjelajah di atas kawasan gurun ini.

Baca juga: Danau Maracaibo, Tempat Paling Elektrik di Bumi

Ia terus menerbangkan pesawatnya hingga tiba-tiba peralatan radionya berhenti bekerja. Pesawat Francisco kemudian jatuh dan ia ditemukan tewas. Francisco Sarabia menjadi orang pertama yang tewas dalam kecelakaan pesawat di Zona del Silencio.

Setelah insiden yang menimpa Francisco, kawasan ini kembali mendapat perhatian ketika rudal milik Amerika Serikat ditemukan jatuh di zona diam ini. Dilansir dari Ancient Origins, rudal tersebut ditembakkan dari Pangkalan Rudal White Sands di New Mexico, dan diperkirakan meleset sekitar 400 mil ke arah selatan.

Kawasan yang tidak bisa ditembus sinyal

Insiden jatuhnya rudal di kawasan gurun ini membuat berbagai pihak berusaha menyelidikinya. Pemerintah Meksiko mengizinkan Angkatan Udara US untuk menyelidiki insiden tersebut. Hingga akhirnya ditemukan alasan utama mengapa insiden misterius tersebut bisa terjadi.

Pihak Angkatan Udara US mengklaim jika Zona del Silencio merupakan kawasan yang tidak bisa ditembus sinyal apa pun, termasuk sinyal radio dan satelit. Diduga wilayah gurun ini memiliki medan magnet lokal yang cukup kuat, sehingga menciptakan zona gelap.

Setelah dugaan tersebut muncul, Pemerintah Meksiko kemudian membangun sebuah kompleks penelitian, yang tujuannya dicurigai untuk meneliti daerah gurun ini. Beberapa para ahli mengatakan jika Zona del Silencio memiliki kandungan deposit magnetit dan uranium yang tinggi.

Baca juga: Dallol, Tempat Tanpa Kehidupan di Bumi

Kandungan ini dikaitkan dengan pulsa elektromagnetik yang menyebabkan sinyal tidak berfungsi di gurun tersebut. Tidak hanya itu, Zona del Silencio juga merupakan sarang meteorit, yang diperkirakan oleh para ilmuwan, dapat memancarkan sifat magnetik yang cukup kuat.

Hingga saat ini, Zona del Silencio masih menyimpan misteri besar. Walau begitu, banyak turis berdatangan ke kawasan ini untuk melihat secara langsung zona senyap di gurun Meksiko tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com