Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjaga Lingkungan agar Tetap Sehat

Kompas.com - 03/11/2022, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Lingkungan yang bersih akan memberi beragam manfaat bagi kita juga orang lain di sekitar kita.

Kebersihan lingkungan harus selalu dijaga agar kita, keluarga, dan masyarakat bisa terhindar dari berbagai penyakit dan tetap merasa nyaman.

Menjaga kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga tidak mudah diserang penyakit mematikan, seperti demam, muntaber, dan hepatitis.

Ada beberapa cara menjaga lingkungan agar tetap sehat dan aman, yakni mengolah tanah, mengolah limbah, melakukan reboisasi, mengadakan kerja bakti, memerangi penyakit, dan menanam tanaman obat.  

Berikut penjelasannya: 

Mengolah tanah

Tanah adalah salah satu unsur lingkungan yang harus dijaga karena perannya yang sangat penting. Untuk menjaga kelestarian tanah, kita harus mengolahnya dengan baik.

Kita bisa mengubah tanah sesuai kondisi di daerah kita. Pengolahan tanah pun juga harus dilakukan sesuai dengan kemampuan tanah.

Baca juga: 3 Kebiasaan Baik untuk Melestarikan Lingkungan

Mengolah limbah

Instalasi Digester dan IPAL yang mengolah limbah tahu menjadi biogas bermanfaat untuk sumber energi terbarukan, di Desa Sambak, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (29/10/2021).KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Instalasi Digester dan IPAL yang mengolah limbah tahu menjadi biogas bermanfaat untuk sumber energi terbarukan, di Desa Sambak, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (29/10/2021).

Kita harus mengolah limbah dengan baik. Limbah merupakan sisa makanan atau benda yang dibuang tiap hari.

Banyak limbah di sekitar kita akan membuat lingkungan kotor dan tercemar. Untuk menjaga lingkungan tetap bersih, sebaiknya dilakukan daur ulang limbah.

Dengan begitu lingkungan akan tetap sehat dan juga bersih.

Melakukan reboisasi

Reboisasi dapat kita lakukan dengan menanam pohon di sekitar lingkungan. Selain itu, gunakanlah barang yang ramah lingkungan.

Melakukan kerja bakti

Warga bekerja bakti di lahan yang akan dihuni warga Dusun Diwak, Desa Karangkajen. Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, yang terdampak pembangunan tol Bawen-Yogyakarta, Jumat (18/3/2022).KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Warga bekerja bakti di lahan yang akan dihuni warga Dusun Diwak, Desa Karangkajen. Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, yang terdampak pembangunan tol Bawen-Yogyakarta, Jumat (18/3/2022).

Kerja bakti merupakan bentuk kerjasama dengan tujuan menjaga kesehatan lingkungan. Kegiatan ini masih sering dilakukan oleh masyarakat, terutama yang tinggal di pedesaan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com