Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Diksi Menurut Ahli

Kompas.com - 10/09/2022, 14:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Diksi bisa digunakan dalam sastra, esai, atau percakapan sehari-hari. Pengertian diksi membuktikan bahwa bahasa memiliki kekuatannya sendiri. Namun, apakah pengertian dari diksi? 

Pengertian diksi

Diksi adalah pilihan kata dalam tulisan yang biasa digunakan untuk menggambarkan suatu cerita atau memberi makna sesuai dengan keinginan penulis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diksi adalah pilihan kata yang tepat serta selaras dan bertujuan agar pembaca dapat memahami teks dalam tulisan.

Dalam setiap penulisan kalimat, selalu membutuhkan diksi. Pemilihan kata atau diksi ini penting untuk merangkai kata, kesesuaian dalam kalimat serta memberikan ekspresi pada kalimat penulis.

Diksi berasal dari bahasa Latin discere, yang berarti berkata atau berbicara.

Baca juga: Pengertian Diksi dan Ritme dalam Bahasa Indonesia

Dalam pengertian ini, diksi sering mengacu pada aktor panggung dan orator, yang harus berbicara dengan jelas untuk dipahami.

Diksi dapat menentukan gaya bahasa pada suatu tulisan. Setiap kalimat, paragraf bahkan wacana membutuhkan gaya bahasa.

Gaya bahasa yang dibentuk oleh diksi dapat membentuk kejujuran, kesopanan, tingkat keresmian dari suatu tulisan dan bahkan suasana.

Dalam retorika, pengertian diksi adalah pilihan dan penggunaan kata - kata dalam pidato atau tulisan.

Dalam ilmu fonologi dan fonetik, diksi adalah cara bicara yang, biasanya dinilai dari segi standar yang berlaku pengucapan dan deklamasi. Dalam hal ini, diksi berarti pengucapan dan artikulasi.

Baca juga: Retorika: Pengertian, Asumsi, dan Prinsipnya

Pengertian diksi menurut ahli

Untuk lebih memahami tentang diksi, berikut adalah pengertian diksi menurut Gorys Keraf, Susilo Mansurudin, Widyamartaya, dan Enre:

Gorys Keraf

Gorys Keraf dalam buku berjudul Diksi dan Gaya Bahasa (2008), berpendapat bahwa diksi terbagi menjadi dua yaitu pilihan kata atau tentang pengertian kata.

Sebagai pengertian kata, diksi digunakan untuk menyampaikan suatu gagasan, pengungkapan yang tepat serta gaya penyampaian yang lebih baik dan sesuai dengan situasi.

Kedua, Keraf mendefinisikan diksi sebagai sebuah kemampuan untuk membedakan secara tepat nuansa makna dari gagasan yang disampaikan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com