Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Molekul Unsur: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 28/07/2022, 11:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Atom adalah unit pembentuk semua jenis zat di bumi. Gabungan atom-atom yang sejenis disebut molekul unsur. Apa saja yang termasuk molekul unsur? Berikut adalah pengertian dan contoh molekul unsur!

Pengertian molekul unsur

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, molekul adalah kombinasi dua atom atau lebih yang terhubung bersama begitu kuat, sehingga mereka berperilaku sebagai partikel tunggal.

Lalu apakah yang dimaksud dengan molekul unsur? Dilansir dari Exploring Our Fluid Earth, molekul unsur terbuat dari dua atau lebih atom dari satu unsur yang sama.

Sederhananya, molekul unsur adalah molekul yang terbentuk dari kumpulan atom sejenis.

Baca juga: Prinsip Pembentukan Molekul

Dilansir dari Khan Academy, dalam molekul unsur atom-atom berikatan secara kovalen dengan stabilitas ikatan yang berasal dari gaya tarik elektrostatik antar inti atom.

Ikatan kovalen membuat dua atom lebih atom dalam molekul unsur berikatan dengan sangat kuat.

Molekul unsur dapat dikatakan sebagai bagian terkecil suatu zat memiliki sifat kimia juga sifat fisika. Biasanya, molekul unsur tidak memiliki muatan atau netral.

Jenis molekul unsur

Secara garis besar, molekul unsur terbagi menjadi molekul unsur diatomik dan molekul unsur poliatomik.

Baca juga: Perbedaan Unsur dan Senyawa

Molekul unsur diatomik terbentuk dari dua atom sejenis yang berikatan. Sedangkan, molekul unsur poliatomik terbentuk dari tiga atau lebih atom sejenis yang berikatan.

Contoh molekul unsur

Contoh molekul unsur yang paling dikenal adalah oksigen dengan rumus molekul O2. Artinya, oksigen terdiri dari dua atom oksigen.

Oksigen termasuk molekul unsur karena terdiri dari dua atom sejenis (atom oksigen dan atom oksigen) tanpa adanya atom jenis lain.

Adapun, karbon dioksida (CO2) tidak termasuk molekul unsur. Hal tersebut karena karbon dioksida terbentuk dari dua unsur atau dua jenis atom yang berbeda, yaitu atom karbon (C) dan atom oksigen (O).

Baca juga: Contoh Zat Tunggal yang Bersifat Senyawa

Selain oksigen (O2), berikut adalah contoh molekul unsur:

  • Hidrogen (H2)
  • Nitrogen (N2)
  • Fluor (F2)
  • Klorin (Cl2)
  • Bromin (Br2)
  • Iodin (I2)
  • Ozon (O3)
  • Fosfor (P4)
  • Oktasulfur (S8)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com