Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembelahan Sel: Mitosis dan Meiosis

Kompas.com - 22/07/2022, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Titien Suprihatien, Guru SMPN 11 Batanghari, Jambi

 

KOMPAS.com - Pada awalnya manusia hanya berasal dari satu sel, yang kemudian mengalami pembelahan hingga jumlah sel semakin bertambah. Bahkan ketika dewasa, jumlah sel pada tubuh manusia akan mencapai 200 triliun.

Pembelahan sel adalah cara sel memperbanyak diri, menjadi bagian terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Sel mengalami pembelahan karena tiga alasan, yakni: 

  • Pembelahan sel untuk pertumbuhan

Salah satu ciri makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan, makhluk hidup mengalami pertumbuhan karena sel-selnya semakin banyak, yang menyebabkan ukuran makhluk hidup tersebut semakin besar.

  • Pembelahan untuk perbaikan

Ketika kita terluka, tubuh mengalami kerusakan jaringan, namun luka tersebut bisa pulih seperti semula. Ini terjadi karena jaringan mengalami perbaikkan, akibat adanya pembelahan sel.

Baca juga: Umur Sel Darah pada Manusia

  • Pembelahan sel untuk reproduksi

Ciri lain dari makhluk hidup adalah mengalami perkembangbiakan atau reproduksi. Pada proses reproduksi dibutuhkan sel kelamin untuk pembentukan individu baru, pembentukan sel kelamin pun terjadi karena adanya pembelahan sel.

Pembelahan sel memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk. Jenis-jenis pembelahan sel terbagi menjadi dua, yaitu mitosis dan meiosis. Berikut penjelasannya: 

Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anakan yang secara genetik memiliki karakter sama dengan induknya. Sehingga dua sel anakan yang dihasilkan mempunyai susunan genetik dan jumlah kromosom yang sama dengan induk.

Misalnya, jika sel induk mempunyai kromosom 2n (diploid) maka sel anak juga memiliki kromosom 2n (diploid).

Kromosom merupakan materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat. Sel diploid menjadi sel-sel yang kromosomnya berpasangan.

Baca juga: Mengapa Sel Mengalami Pembelahan?

Fase pembelahan mitosis

Pembelahan mitosis terjadi secara berkesinambungan dan terdiri dari empat fase. Setiap fase memiliki ciri-ciri yang berbeda. Berikut fase pembelahan mitosis, yaitu: 

  • Profase

Ciri profase adalah kromosom sudah mengganda dan memadat dan membran inti mulai rusak menjadi bagian-bagian kecil yang disebut fragmen.

  • Metafase

Pada metafase kromosom berada di posisi berjajar pada bidang pembelahan.

  • Anafase

Di fase ini kromosom bergerak menuju kutub yang berlawanan dan diakhir anafase kedua kutub sel memiliki kromosom yang jumlahnya sama.

  • Telofase

Pada telofase membran inti kembali bergabung hingga terbentuk dua sel anakan yang diploid. Pada telofase umumnya diikuti dengan terjadinya pembelahan sitoplasma atau sitokinesis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com