Kompas.com - 22/07/2022, 15:30 WIB

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Jambi 

 

KOMPAS.com - 17 Agustus 1945 menandai kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Diperlukan perjuangan panjang dalam mencapai Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Berikut perjalanan atau peristiwa detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu: 

Jepang menyerah pada Sekutu 

Pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyerah kepada Sekutu setelah sebelumnya 2 kota penting di bom oleh Sekutu, yaitu Kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan Kota Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945.

Berita kekalahan Jepang tersebut akhirnya sampai pada telinga pemuda Indonesia, Sutan Syahrir, melalui siaran radio Amerika. Selanjutnya, Subadio Sastrosatomo dan Subianto menemui Mohammad Hatta.

Mereka meminta Hatta agar mencegah PPKI mengumumkan kemerdekaan. Karena menurut golongan muda, kemerdekaan Indonesia harus diperoleh dengan kekuatan Bangsa Indonesia sendiri tanpa campur tangan negara lain.

Baca juga: Tokoh Perumusan Teks Proklamasi

Malamnya, sekitar pukul 20.00 WIB, golongan muda mengadakan rapat di salah satu ruangan Lembaga Bakteriologi di Pegangsaan Timur. Rapat tersebut dihadiri oleh Chairul Saleh, Wikana, Margono, Armansyah, dan Kusnandar.

Dalam rapat tersebut, golongan muda menuntut agar proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan sesegera mungkin.

Mereka meminta Soekarno membacakan proklamasi esok hari, yaitu tanggal 16 Agustus 1945. Namun, Soekarno menolak usulan tersebut karena menganggap golongan muda terlalu tergesa-gesa.

Golongan muda mengancam akan terjadi pertumpahan darah apabila proklamasi tidak segera dilaksanakan.  Peristiwa menegangkan ini juga disaksikan oleh golongan tua, yaitu  Mohammad Hatta, Mr. Ahmad Soebardjo, Buntaran, Sanusi, dan Iwa Kusumasumantri.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.