Kompas.com - 22/07/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com – Peristiwa vulkanisme memberikan dampak pada manusia. Namun, tidak hanya dampak buruk atau negatif. Vulkanisme juga memberikan dampak baik atau dampak positif. Apa saja dampak positif dari vulkanisme?

Dampak positif dari vulkanisme adalah membuat tanah menjadi subur, menyediakan sumber daya mineral, sumber energi terbarukan, tempat rekreasi dan pariwisata, juga menghasilkan batuan vulkanik. 

Membuat tanah subur

Dampak positif vulkanisme yang pertama adalah membuat tanah subur.

Aktivitas vulkanis seperti erupsi gunung berapi mengeluarkan berbagai material seperti batuan vulkanik dan abu yang memperkaya zat hara di pada tanah.

Baca juga: Vulkanisme: Pengertian dan Macam-macamnya

Dilansir dari British Geological Survey, abu vulkanik juga mempertahankan kelembapan lebih lama daripada tanah non-vulkanik.

Hal tersebut membuat tanah yang terdampak aktivitas vulkanik menadi tanah yang sangat subur bagi aktivitas pertanian dan perkebunan.

Menyediakan sumber daya mineral

Dilansir dari Volcano World, aktivitas vulkanisme secara langsung dan tidak langsung menghasilkan sumber daya mineral yang diperlukan manusia.

Misalnya, berlian, emas, nikel, timah, tembaga, perak, dan alumunium. Hal tersebut menjadikan daerah di gunung berapi menjadi tempat yang kaya akan mineral berharga.

Baca juga: 9 Kelompok Mineral

Menyediakan sumber energi terbarukan

Dampak positif vulkanisme selanjutnya adalah menyediakan sumber energi terbarukan.

Dilansir dari U.S. Geological Survey, sistem vulkanisme menghasilkan panas internal yang melepaskan energi berupa panas bumi atau yang lebih dikenal sebagai energi geothermal.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.