Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumber Daya Alam yang Bermanfaat untuk Industri Penerbangan

Kompas.com - 29/06/2022, 11:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comSumber daya alam dimanfaatkan bagi berbagai kebutuhan manusia, termasuk penerbangan. Sumber daya alam yang bermanfaat untuk mendukung industri penerbangan adalah sebagai berikut!

Minyak bumi

Contoh sumber daya alam yang bermanfaat untuk mendukung industri penerbangan adalah minyak bumi. Minyak bumi juga merupakan bahan baku plastik yang dibuat untuk bahan komposit.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, komposit memiliki sifat kaku, ringan, dan tahan panas sehingga digunakan untuk memperkuat mesin penutup mesin, sayap, pintu, dan penutup pesawat.

Baca juga: Sumber Daya Alam yang Bisa Digunakan untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup

Selain untuk pembuatan komposit, minyak bumi juga merupakan bahan baku pembuatan avtur dan avgas.

Avtur dan avgas adalah bahan bakar pesawat terbang yang dibuat melalui proses distilasi minyak bumi.

Bauksit

Sumber daya alam yang bermanfaat untuk industri penerbangan selanjutnya adalah Bauksit. Baukist adalah bijih logam alumunium yang digunakan sebagai bahan pesawat terbang.

Dilansir dari NASA Technical Reports Server , alumunium digunakan karena sifatnya yang kuat dan tangguh dari cederan fisik, ringan, tahan korosi, dan mudah dibuat menjadi bentuk rumit dengan presisi.

Baca juga: Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Bijih besi

Bijih besi adalah sumber daya alam yang diekstrak untuk mendapatkan besi.

Besi kemudian akan digunakan sebagai bahan pembentuk pesawat dan sebagai mesin juga berbagai alat dalam industri penerbangan.

 

Mineral titanium oksida

Sumber daya alam yang bermanfaat untuk mendukung industri penerbangan adalah mineral titanium oksida. Mineral titanium oksida dimurnikan untuk mendapatkan logam titanium.

Dilansir dari Thought Co, titanium adalah logam tahan api yang kuat dan ringan. Titanium juga tahan terhadap korosi, hingga digunakan sebagai bahan pembuatan pesawat terbang.

Baca juga: Potensi Sumber Daya Alam Minyak Bumi

Mangan

Mangan adalah sumber daya alam berupa logam transisi. Mangan digunakan dalam industri penerbangan sebagai bahan paduan (bahan pendukung) membuat beberapa suku cadang dan bagian pesawat terbang.

Hal tersebut karenakarena dapat dapat menambah sifat elastisitas, kekuatan, juga ketahanan terhadap korosi pada paduan.

Nikel

Contoh sumber daya alam yang bermanfaat untuk mendukung industri penerbangan selanjutnya adalah nikel.

Sama seperti mangan, nikel adalah logam transisi yang digunakan sebagai bahan pendukung dalam pembuatan pesawat terbang.

Baca juga: Rumus Kimia Nikel

Logam paduan nikel digunakan karena sifatnya yang kuat, tahan terhadap korosi dan suhu tinggi, juga dapat bekerja dalam tekanan yang tinggi.

Contoh bagian pesawat yang menggunakan paduan nikel adalah cakram dan turbin pesawat.

Tembaga

Tembaga adalah sumber daya alam berupa logam transisi yang digunakan dalam industri penerbangan. Tembaga dapat menghantarkan listrik dengan baik (konduktor), bersifat non-magnetik dan tahan terhadap korosi.

Sehingga, tembaga digunakan bahan baku utama konduktor kelistrikan di dalam pesawat juga mesin penerbangan lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com