Kompas.com - 27/06/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Software as a Service atau SaaS memungkinkan pengguna untuk terhubung dan menggunakan aplikasi berbasis cloud melalui internet. Contoh umumnya adalah email, kalender digital, dan alat kantor seperti Microsoft Office 365. 

Disadur dari jurnal Perancangan Software As A Service (SAAS) Untuk Sistem Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (PKIA) Pada Puskesmas Se-Kota Mataram Berbasis Cloud Computing (2019) oleh Andy Hidayat dan teman-teman, SaaS adalah perangkat lunak yang bisa digunakan dan diakses melalui internet tanpa harus melakukan pembelian program atau sistem, serta perangkat keras. 

Basis dari server ini yaitu cloud, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh perangkat lunak jika ingin menggunakannya atau melakukan pembaharuan sistem. 

Penggunaan SaaS akan menghasilkan berbagai manfaat seperti pengehematan biaya, ketangkasan yang baik, mempercepat penyampaian layanan kepada pengguna, serta peningkatak fleksibilitas dalam berbagaia skala untuk mendukung keperluan penggunanya. 

Baca juga: Mengenal Fitur Aplikasi Accurate Online

Keuntungan SaaS

Dilansir dari situs Microsoft.com, ada beberapa keuntungan dari penggunaan SaaS, di antaranya: 

  • Mendapatkan kemudahan akses aplikasi 

Untuk menggunakan aplikasi SaaS, Anda tidak perlu membeli, memperbarui, atau memelihara perangkat keras, middleware, atau perangkat lunak apa pun. 

SaaS bahkan menyediakan aplikasi perusahaan yang terjangkau bagi organisasi yang tiak memiliki sumber daya untuk membeli, menyebarkan, dan mengelola infrastruktur serta perangkat lunaknya. 

  • Hemat menggunakan SaaS

Dengan menggunakan aplikasi SaaS, Anda bisa menghemat uang. Hal ini karena Anda hanya perlu membayar untuk aplikasi SaaS berbayar yang diperlukan saja. 

  • Tidak perlu software tambahan 

Pengguna dapat menjalankan sebagian besar aplikasi SaaS langsung dari browser web, tanpa harus mengunduh dan menginstal software (perangkat lunak) tambahan. 

Baca juga: Program Pengolah Angka: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Aplikasi

  • Mobilisasi kerja lebih mudah 

Dengan menggunakan SaaS, maka aktivitas bekerja semakin mudah. Hal ini karena SaaS memberikan kemudahan untuk mengakses aplikasi dan data SaaS dari komputer atau perangkat seluler di mana pun yang terhubung ke internet. 

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Microsoft
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.