Kompas.com - 06/09/2021, 15:10 WIB
Ilustrasi program pengolah angka KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi program pengolah angka

KOMPAS.com - Dalam menggunakan komputer, tentunya kita membutuhkan sejumlah program aplikasi. Tujuannya untuk memudahkan kita dalam melakukan beberapa hal. Ada banyak program aplikasi di komputer. Salah satunya program pengolah angka.

Pengertian program pengolah angka

Program pengolah angka sering juga disebut spreadsheet. Dikutip dari buku Aplikasi Komputer Bidang Perkantoran (2021) karya Feri Hari Utami dan Leni Natalia Zulita, spreadsheet merupakan program aplikasi yang bentuk dokumennya memuat data dalam bentuk baris horizontal (row) dan vertikal (columns).

Dilansir dari situs Merriam Webster, pengertian aplikasi pengolah angka atau spreadsheet adalah program komputer yang memungkinkan penggunanya untuk memasukkan, menghitung, serta menyimpan data dalam bentuk kolom serta baris.

Ciri utama dari program pengolah angka adalah memiliki bentuk lembar kerja berupa kolom dan baris. Lembar kerja ini digunakan untuk meng-input, mengolah, serta menghitung data secara matematis. Hasilnya dapat berupa angka ataupun data statistik.

Baca juga: Berapa Jumlah Kolom, Baris, dan Lembar Kerja pada Microsoft Excel?

Fungsi program pengolah angka

Fungsi utama dari program pengolah angka adalah perhitungan dan pengolahan data berupa angka. Program aplikasi ini dapat digunakan untuk menghitung secara matematis dan membantu melakukan analisis lewat pembuatan data statistik atau semacamnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain fungsi di atas, program pengolah angka masih memiliki tiga fungsi lainnya, yakni:

  1. Pembuatan laporan keuangan
    Program pengolah angka membantu penggunanya untuk membuat laporan keuangan. Sehingga penggunanya tidak perlu kesusahan untuk menghitung secara manual.
  2. Pembuatan grafik
    Program pengolah angka membantu penggunanya untuk membuat grafik yang diperlukan dalam pelaporan data. Artinya hasil perhitungan data dapat disajikan dalam bentuk grafik.
  3. Perhitungan menggunakan rumus
    Program pengolah angka membantu penggunanya untuk menghitung data memakai rumus yang telah disediakan. Cukup dengan meng-input data dan memasukkan rumus yang sesuai, hasil perhitungan akan langsung muncul.

Jenis dan contoh program pengolah angka

Dalam buku Modul Aplikasi Komputer Microsoft Office 2016 (2019) karya Erna Retno Rahadjeng, dkk, disebutkan jika ada banyak jenis program pengolah angka. Berikut beberapa jenis dan contohnya:

  • Microsoft excel

Menurut Jubilee Enterprise dalam buku Belajar Komputer untuk Semua Orang dari Nol (2016), microsoft excel merupakan jenis program pengolah angka yang mempunyai tampilan berbentuk spreadsheet, yakni terdiri atas baris dan kolom.

Program aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menghitung dan mengolah data, serta membuat grafik. Agar bisa melakukan perhitungan, ada sejumlah rumus dalam excel yang harus diketahui fungsinya. Contohnya fungsi AVERAGE, SUM, MAX, MIN, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Rumus Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah pada Microsoft Excel

  • Lotus 123

Lotus 123 merupakan salah satu program pengolah angka yang dulunya sering digunakan. Program ini bekerja di bawah kendali sistem operasi MS DOS. Lotus 123 dikeluarkan oleh IBM. Ketika diluncurkan, program ini berada dalam satu paket dengan aplikasi Office lainnya atau yang sering disebut Lotus SmartSuite.

  • KSpread

Kspread adalah program aplikasi spreadsheet yang diluncurkan oleh KOffice. Sama seperti excel, program ini juga memiliki bentuk lembar kerja berupa kolom dan baris. KSpread mempunyai fitur diagram, pemeriksa ejaan, memiliki lebih dari 100 fungsi, serta fungsi pengurutan data.

Tidak hanya itu, KSpread juga memungkinkan penggunanya untuk mengimpor spreadsheet atau lembar kerja lainnya dari format lain, seperti microsoft excel, dan program pengolah angka lainnya.

  • StarOffice Calc

Adalah program aplikasi pengolah angka yang diluncurkan oleh Sun Microsystem. Program pengolah angka ini bersifat multiplatform. Artinya mampi dijalankan di berbagai sistem operasi, mulai dari Linux hingga Windows.

StarOffice Calc mempunyai banyak fitur, seperti fungsi dan formula, mempunyai fasilitas berupa grafik atau chart untuk menampilkan data dalam bentuk grafik, penggunanya bisa menambahkan rumus yang sulit, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Menambah atau Menyisipkan Baris dalam Microsoft Excel

  • Quattro Pro

Adalah program spreadsheet yang dikembangkan oleh Borland. Quattro pro memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan keuangan, matematika, statistika, ataupun pekerjaan lainnya. Program ini memudahkan pengguna untuk mengolah data dan menyajikannya dalam bentuk grafik yang menarik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.