Kompas.com - 27/06/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Revolusi digital merupakan tren perubahan global yang tidak akan berhenti atau lambat. 

Dikutip dari buku Wonderful Indonesia: Revolusi Tour & Travel Digital (2018) oleh Minghadi Suryajaya, tahun 2016 merupakan tahun revolusi digital bagi Indonesia di mana kita dapat melihat pergeseran status quo pada berbagai sektor industri. 

Selain berimplikasi pada berbagai sektor industri, seperti industri retail, logistik, kuliner, dan pariwisata. 

Pergeseran dari teknologi elektronik mekanik dan analog ke elektronik digital disebut revolusi digital. Revolusi ini dipicu oleh sebuah generasi remaja yang lahir pada tahun 80-an. 

Revolusi digital telah mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang sangat canggih saat ini. Sebuah teknologi yang membuat perubahan besar kepada seluruh dunia. 

Baca juga: Akibat Revolusi Bumi terhadap Matahari Terbit dan Tenggelam

Revolusi Industri 4.0 

Adanya revolusi digital ini kemudian memunculkan Revolusi Industri 4.0 yang juga disebut cyber physical system. Dilansir dari Forbes.com, Revolusi Industri 4.0 menjadikan semua hal lebih mudah dilakukan dan dijangkau. 

Teknologi yang ada pada Revolusi Industri 4.0 mampu mengambil sebagian besar aktivitas perekonomian. Tren ini mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk dunia kerja dan gaya hidup. 

Ciri khas dari Revolusi Industri 4.0 yaitu universalitas dalam aplikasi industri. Adapun beberapa teknologi yang menjadi fokusnya adalah: 

  • Internet of Things (IoT) 

Penggabungan mesin digital, mekanis, serta komputasi untuk menjalankan berbagai fungsi melalui komunikasi yang terhubung dengan internet. 

  • Cloud computing 

Teknologi yang menggunakan internet sebagai sarana pengelolaan data serta aplikasi 

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.