Kompas.com - 29/06/2022, 07:30 WIB

KOMPAS.com - Sistem ekonomi adalah upaya untuk mengatur seluruh kegiatan ekonomi, baik dalam ruang lingkup negara, pemerintah, maupun masyarakat.

Pada dasarnya, pelaksanaan sistem ekonomi semata-mata ditujukan untuk menyejahterakan rakyatnya, supaya kesenjangan ekonomi dapat teratasi.

Salah satu jenis sistem ekonomi yang berlaku di dunia adalah sistem etatisme.
Apa itu sistem ekonomi etatisme?

Pengertian sistem ekonomi etatisme

Menurut Nugrahini Susantinah dalam buku Dasar Ilmu Ekonomi (2022), pengertian sistem ekonomi etatisme adalah sistem ekonomi di mana negara serta aparatur negara bersifat dominan.

Sistem ekonomi etatisme menerapkan monopoli, yakni kekuasaan ekonomi hanya terpusat pada satu pihak atau kelompok saja.

Dikutip dari buku Negara Paripurna (2015) karya Yudi Latif, sistem etatisme melemahkan imajinasi serta kreativitas tiap individu.

Baca juga: Sistem Ekonomi Pancasila: Pengertian, Prinsip, dan Ciri-cirinya

Sebab, kegiatan ekonominya dikuasai negara. Sehingga sistem ini hanya menguntungkan kelompok elite atau orang kaya saja.

Sistem etatisme sering pula disebut sistem ekonomi terencana atau sosialis.

Dalam sistem ini, seluruh kegiatan perekonomian dikendalikan dan diatur oleh negara atau pemerintah. Peran masyarakat bisa dikatakan sangat minim atau bahkan tidak ada.

Ciri-ciri sistem ekonomi etatisme

Dilansir dari buku Pengantar Bisnis (2022) karangan Yuni Pambreni dan Suci Ayu Sudari, sistem etatisme didasari oleh pemikiran Karl Marx tentang penghapusan kepemilikian pribadi, guna menghilangkan kelas dalam masyarakat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.